Sat. Dec 7th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Jenis Kayu Paling Mahal di Dunia

2 min read
Sharing is Caring

Kayu memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia. Mulai dari furnitur di rumah hingga keperluan rumah tangga.

Tapi percaya tidak?, jika di dunia ini ada beberapa jenis kayu yang memiliki harga yang fantasitis. Simak beberapa kayu yang dianggap termahal di dunia ini.

1. Agarwood atau Gaharu

Agarwood, atau di Indonesia lebih dikenal dengan Gaharu adalah salah satu kayu paling mahal di dunia. Kayu ini yang berasal dari pohon aquilaria memiliki aroma yang harum sehingga banyak perusahaan parfum memanfaatkan resinnya. Gaharu dengan kualitas baik dihargai Rp25 juta per kilogram di pasar internasional.

2. Kayu Eboni

Kayu yang satu ini umumnya ditemukan pada alat-alat musik seperti biola, gitar, piano, dan masih banyak lagi. Selain bisa tumbuh hingga 40 meter, kayu Eboni juga tenggelam di dalam air karena kepadatannya yang tinggi. Harga kayu ini dipatok sebesar 7 juta rupiah per meter kubik, jika kualitasnya bagus dan memiliki warna hitam yang merata di seluruh permukaan.

Baca juga  7 Rekomendasi Anime Adventure Summer 2019

3. Lignum Vitae

Kayu ini dianggap sebagai kayu paling keras dan juga terberat di dunia. Tersebar di Amerika Tengah dan daerah utara Amerika Selatan. Harga dari kayu ini ditaksir mencapai Rp1,2 juta per kilogram.

4. Bocote

Kayu termahal yang satu ini memiliki tampilan yang sangat elegan dengan motif seperti kuda zebra. Selain itu, bocote adalah jenis kayu yang baik digunakan untuk furnitur, alat music dan lainnya. Kayu yang satu ini dihargai mulai dari Rp500 ribu per meter kubiknya. Walaupun tidak mencapai jutaan, tetap aja terasa mahal ya!

5. Bubinga

Bubinga juga sering digunakan untuk membuat alat musik, khususnya kecapi dan gitar, karena kayui ini bisa menghasilkan kualitas suara yang baik. Sebagai salah satu kayu terbaik, bubinga dihargai Rp5-6,5 juta per meter kubiknya.

Baca juga  Ilmuwan Dibuat Terguncang Saat Temukan Pohon Berusia 40.000 Tahun Ini!
(Visited 250 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.