Sat. Dec 7th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Hindari! 5 Hal ini Bisa Bikin Tubuh Lemah

3 min read
Sharing is Caring

Bisa jadi kamu salah-satunya, beberapa orang seringkali mengeluhkan selalu lemas, mudah lelah dan tidak bisa berkonsentrasi meski sudah cukup istirahat pada malam harinya. Tubuh orang tersebut seperti baterai lowbat yang meski sudah diisi daya, tapi cepat habis energinya.

Sains punya beberapa penjelasan yang mungkin menjadi penyebab tubuh seseorang menjadi seperti baterai lowbat, tidak berenergi. Seperti dilansir dari sciencealert, inilah 5 hal yang bisa bikin tubuh mudah lelah meski sudah cukup istirahat.

1. Terlalu santai

Walau aktivitas fisik mungkin melelahkan, namun secara ilmiah, justru olahraga ringan beberapa kali dalam seminggu dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Mekanisme tersebut seperti meningkatnya kapasitas dan daya tahan baterai ponsel.

Tidak hanya itu, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang berolahraga teratur dapat menikmati tidur malam yang lebih baik. Jadi, berhentilah berperilaku terlalu santai dan mulainya gerakan tubuhmu.

Baca juga  10 Penampilan Artis Cewek Tanpa Make Up, Siapa Paling Cantik?

2. Sering minum kopi

Banyak orang yang telah menjadikan kopi sebagai salah satu cara untuk tetap terjaga, kopi adalah minuman yang baik, tapi jika terlalu sering justru dapat menimbulkan ketergantungan.

Kopi memblokir hormon adenosin di otak yang merupakan sinyal istirahat bagi tubuh kita sehingga membuat kita tidak mengantuk. Namun, cara kerja kopi tersebut dapat mengganggu siklus sirkadian atau jam tidur tubuh kita dan perlu diingat, kopi memiliki efek hingga 6 jam. Jadi jika kamu minum kopi 6 jam sebelum tidur, dapat dipastikan kamu akan sulit tidur atau tidurmu menjadi tidak berkualitas, seperti mengisi daya baterai namun tidak kunjung penuh.

3. Kekurangan nutrisi

Tubuh yang kekurangan nutrisi seperti zat besi dan protein juga telah dikaitkan dengan kekurangan energi tubuh. Asupan nutrisi yang cukup telah terbukti meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Baca juga  37 Tahun Menghilang Pesawat Ini Tiba-Tiba Muncul Kembali ! Hoax atau Fakta ?

Sebuah penelitian di Korea juga telah membuktikan makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging, telur dan kacang-kacangan membuat tingkat kelelahan menjadi jauh lebih rendah.

4. Terlalu banyak karbohidrat

Adalah benar, bahwa sumber energi tubuh manusia berasal gula dan karbohidrat (yang kemudian juga dipecah tubuh menjadi gula), namun ternyata jika terlalu banyak makan-makanan karbohidrat komplek dan olahan seperti roti, justru berdampak sebaliknya.

Alih-alih mendapatkan sumber energi, tubuh justru harus bekerja keras untuk memecah karbohidrat yang telah dikonsumsi menjadi gula di dalam tubuh dan punya waktu untuk istirahat. Kamu justru akan merasakan kelelahan yang berasal dari dalam tubuh.

5. Banyak pikiran dan stres

Kelelahan ternyata juga tidak hanya datang dari gaya hidup dan pola makan, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pikiran juga memiliki pengaruh kuat. Gangguan kecemasan umum, tingkat stres dan kekhawatiran yang tinggi telah dikaitkan dengan kelelahan tubuh.

Baca juga  Apakah Kesurupan Itu Nyata? Inilah Jawaban Sains

Tidak hanya itu, orang dengan depresi juga akan memiliki kualitas tidur yang buruk dan menyebabkan insomnia dalam beberapa kasus. Oleh karena itu, coba berhentilah untuk memiliki kekhawatiran berlebihan, berpikir positif dan mulailah menenangkan pikiran. Yakinlah semua akan baik-baik saja.

Nah itulah 5 hal menurut sains yang seharusnya dihindari untuk memberikan tubuh yang selalu bugar dan tidak mudah kehilangan energi. Selain itu, juga disarankan jika mengalami rasa lelah tidak wajar, seperti lebih dari 6 bulan, bisa jadi ada infeksi yang menjadi penyebab lainnya dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.