Thu. Dec 12th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Fakta Bola Kristal Pertemuan Trump, Presiden Mesir dan Arab Saudi

3 min read
Sharing is Caring

Beberapa waktu yang lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi pusat Global untuk memerangi ekstremisme di Riyadh, Arab Saudi. Di sana Trump bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sissi dan Raja Saudi Salma Bin Abdel Aziz. Saat pertemuan tersebut, ketiga pemimpin tersebut tertangkap kamera meletakan tangannya di atas bola kristal yang bersinar.

Foto tersebut lantas menjadi terkenal dan dijadikan ribuan meme dengan lelucon untuk mengolok-olok foto tersebut. Terkenalnya foto tersebut disinyalir karena foto tersebut tampak seperti praktik perdukunan yang terkenal di hampir di seluruh dunia, meski sebenarnya tidak dimaksudkan demikian.

Berikut 6 fakta tentang bola kristal pertemuan tersebut.

1. Sebuah Globe

Sebenarnya yang dikatakan bola kristal tersebut bukanlah bola kristal seperti yang apa yang sering dimiliki dalam praktek perdukunan untuk menerawang atau melihat masa depan, tapi hanyalah sebuah globe atau bola dunia yang bercahaya dan terlihat seperti bola kristal.

Baca juga  5 Peninggalan Ustadz Arifin Ilham ini Paling Bernilai, Tak Disangka Ternyata…

Bola kristal bercahaya itu hanya simbol untuk mewakili dunia yang bercahaya dan diterangi sebagai bagian dari perang terhadap ideologi ekstemisme.

2. Inilah Bola Kristal Terbesar di Dunia

Bola kristal terbesar di dunia diketahui terdapat di Smithsonian Institution di Washington, D.C. Beratnya 106,75 lbs. (48,42 kilogram) dan membentang berdiameter 12,9 inci (32,7 sentimeter). Menariknya, bola kristal tersebut adalah kristal kuarsa tanpa cacat terbesar di dunia, benar-benar bola kristal yang sangat indah.

Bola raksasa tersebut pertama kali dipotong dan dipoles pada 1800-an di Cina, dan mungkin mineral tersebut ditambang dari Burma menurut lembaga Smithsonian.

3. Dikaitkan Dengan Perdukunan

Sebelum pertemuan itu, bola kristal memang sudah terkenal di hampir di seluruh dunia sebagai bagian dari praktek perdukunan untuk menerawang masa depan atau yang disebut dengan istilah “scrying.” Istilah itu adalah kependekan dari descry yang berasal dari sejarah kelas elit orang-orang elit Celtic yang hidup terutama di kepulauan Inggris dan Prancis selama Zaman Perungu.

Baca juga  Inilah 6 Film Tentang Bencana Alam Terbaik

Menurut “The Natural History” oleh naturalis dan sejarawan era Romawi, Pliny the Elder, Druid menggunakan kristal untuk meramalkan masa depan. Praktik itu kemudian menyebar ke seluruh dunia seperti yang kita kenal sekarang.

4. Menjadi Tren Dunia

Dalam “Crystal Gazing,” penulis Lang mencatat bahwa praktik itu juga dilakukan di Cina. Catatan sejarah dari tahun 1888 menggambarkan sebuah praktik yang disebut Yuang-kuang-fuchou, yang diduga digunakan oleh praktisi untuk menampilkan wajah seorang pencuri yang mungkin telah mencuri barang-barangnya.

Tidak hanya itu, dalam buku yang sama, sejarah Islam di India juga dicatat melakukan praktik tersebut sebagai cermin ajaib, menurut penelitian yang dilakukan David Margoliouth pada akhir 1800-an. Khalif Mansur, praktisi yang hidup di zaman itu menggunakannya untuk mengungkap apakah seseorang itu musuh atau teman.

Baca juga  5 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Manusia yang Cerdas

5. Pernah Digunakan Ilmuwan

Pada abad ke-16, seorang ilmuwan astronomi dan ahli matematika bernama John Dee yang juga terkenal dekat dengan Nicolaus Copernicus pernah menggunakannya sebagai salah satu metode pemecahan yang dunia ilmiah tidak mampu melakukannya. Ketika itu ia menjabat sebagai penasihan Ratu Elizabeth I. Bola kristal itu sekarang tersimpan di British Museum, Inggris.

6. Terlarang Dalam Agama

Meskipun bola kristal atau simbol sejenisnya itu menyebar ke hampir ke seluruh dunia, tapi sebenarnya praktik tersebut terlarang di hampir seluruh agama-agama besar di dunia. Perjanjian lama misalnya, dengan tegas melarang praktik meramal atau peramal sebagai bentuk sihir. Sementara di Islam praktik tersebut dianggap penyembahan berhala.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.