Sat. Dec 14th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

3 Mahluk Misterius dalam Mitologi Indonesia

2 min read
Sharing is Caring

Indonesia yang dikenal sangat kaya akan adat dan budaya ini tak terlepas dari yang namanya unsur magis, Sama seperti negara-negara lainnya dibelahan dunia, Indonesia juga dikenal memiliki kepercayaan tentang makhluk mitologi yang sangat perkasa dan mengandung unsur misterius.

Untuk itulah kali ini Admin akan share 3 jenis mahluk mitologi yang menjadi kepercayaan penduduk tanah air hingga saat ini, Simak langsung dibawah ini.

1. Lembuswana

Yang pertama ialah Lembuswana, Merupakan hewan mitologi dari semenjak zaman Kerajaan Kutai, Bahkan mahluk menjadi lambang suci bagi kerajaan Kutai pada saat itu, Hingga pada masa Kesultanan Kutai Kartanegara simbol ini masih tetap digunakan yang dimana lambang ini memiliki arti “Tapak Leman Ganggayaksa”.

Baca juga  5 Senjata Keren Dalam Mitologi Nordik. Yang Terakhir Pasti Kamu Kenal

Konon, Lembuswana ini adalah sosok hewan yang disucikan karna merupakan hewan tunggangan Bathara Guru ketika dalam misi menyebarkan petuah serta petunjuknya, Mahluk ini digambarkan dengan sosok campuran dari beberapa jenis hewan yaitu memiliki kepala singa yang menggunakan mahkota, berbelalai gajah, bersayap garuda serta memiliki kulit yang ditutupi oleh sisik ikan.


2.Warak Ngendog

Mahluk mitologi dari semarang, Indonesia ini digambarkan sebagai mahluk yang mempersatukan 3 Etnis mayoritas yang ada di Semarang pada masa lampau, Bagia tubuh Warak Ngendog ini juga merupakan gabungan dari beberapa jenis hewan, Seperti Kepala naga, Bura Arab dan Kambing Jawa.

Selain itu, Karakter Warak Ngendog ini biasanya juga dijadikan maskot-maskot didalam berbagai macam Festival yang biasanya dilaksanakan sebelum bulan puasa, Diperkirakan masyarakat sudah mulai mengenal mahluk ini dari abad ke-19, Warak Ngendog ini memiliki filosofi yang diyakini sangat relevan dengan kehidupan manusia di zaman apapun bahkan hingga saat ini.

Baca juga  7 Hewan Purba yang Patut Disyukuri atas Kepunahannya

3. Garuda

Terakhir ialah Garuda, Ini merupakan makhluk mitologi asli Indonesia dan hingga saat ini masih menjadi simbol negara Indonesia, Garuda merupakan mahluk yang ada didalam mitologi kepercayaan Hindu, Budha maupun Mesir Kuno, Ciri dari mahluk ini ialah Paruh dan sayapnya yang mirip dengan elang akan tetapi tubuhnya seperti sosok manusia, Dengan ukurannya yang sangat besar, Konon jika sedang mengembangkan sayapnya maka dapat menghalangi matahari, Tidak hanya itu, Garuda juga selama ini dianggap sebagai rajanya para burung.

(Visited 24 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.