Sat. Dec 14th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kesalahan Fatal Jepang yang Membuat Mereka Kalah dalam Perang Dunia Ke-2

1 min read
Sharing is Caring

Kondisi keseharian tentara Jepang dalam Perang Dunia II tidak selalu berkecukupan. Apalagi mendekati tahun-tahun kekalahannya, 1945. Salah satu penyebab kekalahan itu, akan diceritakan dalam kisah berikut.

Putiankou, sang komandan tentara Jepang ditengarai menjadi salah satu penyebab kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II. Dia adalah pengagum Jengis Khan. Perintah-perintahnya dalam peperangan, memperepat kekalahan pasukan yang dipimpinnya. Tahun 1944 dia memaklumkan Pertempuran Imphal, dengan mengerahkan 90.000 tentara Jepang ke Imphal, negara bagian Manipur, India. Kekuatannya hanya semangat tanpa didukung oleh kekuatan logistik dan amunisi.

Walau sempat mengalami kemenangan pada serangan-serangan awal, rentang waktu yang panjang membuat Jepang masuk ke dalam kesengsaraan karena kekurangan logistik. Pasukan berkekuatan besar ini kemudian berhasil dikalahkan oleh pasukan sekutu yang lebih kuat di segala hal.

Baca juga  5 Senjata Perang Pada Zaman China Kuno

Dalam kondisi seperti itu, sang komandan, Letnan jenderal Putian Koulian masih saja memaksakan perang. Terbukti, dari 90.000 tentaram 60.000 orang tewas dalam waktu 5 bulan. Inilah catatan jumlah korban paling besar dalam sejarah perang Jepang. Sang Jenderal marah besar karena sebagian besar pasukan tersisa, justru melarikan diri.

Sejarah kemudian mencatat bahwa Pertempuran Imphal bukanlah perang militer, tapi lebih pada sebuah bencana. Inilah kontribusi Jenderal Putian untuk kemenangan tentara Sekutu. Keputusannya mengirim puluhan ribu tentara disebut-sebut sebagai kebodohan. Bagaimanapun, bagi sekutu, dia adalah pahlawan. Itu sebabnya, dia dibebaskan dari tuntutan hukum perang, dan dibiarkan hidup.

(Visited 58 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.