Thu. Dec 12th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Fakta Tentang Inggris Selama Perang Dunia Ke-2 yang Jarang Diketahui

2 min read
Sharing is Caring

Meski pun telah berakhir, Perang Dunia II masih tergolong tidak terlalu jauh untuk diingat dana dipelajari. Perang yang bermula dari ekspansi Jerman atas negar tetangganya Polandia. Menyeret kemudian banyak negara eropa.

Salah satunya Inggris. Negara ini bisa dikatakan sangat berperan dalam menyemarakkan perang di kawasan Eropa. Namun, ada beberapa fakta tentangnya yang jarang diketahui. Berikut ulasannya.

Keuangan Inggris Hancur-Hancuran

Ini tentu saja tak terhindari. Dalam kehidupan normal aman damai saja, sekian banyak biaya yang harus dikeluarkan negara. Apalagi untuk berperang. Buktinya Inggris, pada perguliran abad ke-20 adalah negara yang kaya dan adidaya. Namun perang global menyedot lebih banyak biaya dari biasanya. Ambil misal saja kebutuhan akan peluru untuk perang dalam 24 jam pada September 2918 hampir memakan biaya 4 juta poundsterling.

Baca juga  Banyak Yang Belum Tahu! Ternyata Harta Kekayaaan Majapahit Terkubur di Sini

Memiliki Tentara Termuda Berumur 12 Tahun

Didorong rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, Sidney Lewis yang masih belia ini mendaftarkan diri untuk bergabung dalam tentara Inggris pada PD II. Dia bahkan sampai berbohong untuk itu soal umunya. Setelah ketahuanm barulah dengan jujur ia menjawab tentang umur sebenarnya yang masih tergolong sangat remaja.

Jutaan Surat Terkirim Dalam Seminggu

Seperti yang kita ketahui, pada masa itu, teknologi komunikasi belumlah secanggih sekarang. Bukan berarti belum ada alat komunikasi elektronik, tapi kalau untuk komunikasi lintas negara belumlah memadai. Surat, sebagai sarana komunikasi tertua sangatlah membantu. Dalam suasana perang, kebutuhan komunikasi pasti meningkat tajam.

Prosesnya pun terhitung lama. Bayangkan, untuk satu surat saja, untuk sampai dari Inggris ke Perancis, membutuhkan paling cepat 2 hari. Dimulai dari pemilahan hingga tempat tujuannya di parit-parit tempat basis pertahanan. Sampai perang berakhir, total 2 juta surat dan 114 juta paket selesai dikirimkan.

Baca juga  7 Kisah Pelarian dari Penjara Paling Legendaris Dalam Sejarah
(Visited 21 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.