Thu. Dec 12th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

13 Tahun Robot Ini Jelajahi Mars, Siapa yang Membersihkannya?

2 min read
Sharing is Caring

Robot penjelajah Rovers Spirit dan Opportunity mendarat di planet Mars pada tahun 2004. Rencananya robot ini akan beroperasi selama sekitar 90 hari, setelah itu diperkirakan bahwa panel surya mereka akan tertimbun begitu banyak debu sehingga listrik yang dihasilkan tidak akan cukup untuk mempertahankan sistem vital mereka. Tapi, hampir 13 tahun setelah pendaratannya, salah satu Rovers tetap beroperasi: Opportunity.

Opportunity telah diberikan 5 misi tambahan, yang telah berhasil diselesaikan semuanya. Pada bulan Juli 2007, selama perpanjangan misi keempat, badai debu Mars yang parah menghalangi sinar matahari dan mengancam keberlangsungan Opportunity Rovers untuk bertahan hidup. Namun, ketika badai debu telah hilang, bukti foto mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang membersihkan robot penjelajah ini dari kotoran yang menempel pada bodinya.

Baca juga  NASA Kembangkan Teknologi untuk Temukan Planet Alien

Pada 1 Mei 2009, selama perpanjangan misi kelima, Rovers Spirit terperangkap di tanah lunak Mars. Setelah hampir sembilan bulan upaya untuk menyelamatkan Rovers Spirit, NASA mengumumkan pada 26 Januari 2010 bahwa Rovers Spirit sedang dipindahkan sebagai platform sains stasioner.

Seolah-olah itu adalah pencucian mobil, ada beberapa foto-foto yang diambil oleh Rovers Spirit di mana dalam selang waktu 7 menit Anda dapat melihat bagaimana panel dan komponen yang dipenuhi dengan debu pada Rovers Spirit menjadi bersih dan mengkilap, seolah-olah ada tangan misterius yang secara manual membersihkan Robot itu.

NASA menyebut peristiwa-peristiwa ini sebagai “peristiwa pembersihan.” Istilah ini diciptakan pada tahun 2005 dan menunjuk angin badai yang cukup kuat untuk menghilangkan lapisan debu yang ditimbun badai lainnya di permukaan Mars.

Baca juga  6 Mahluk Aneh yang Ada Sebelum Dinosaurus

Siapa yang membersihkan robot-robot ini di Mars?

Proses pembersihan robot penjelajah NASA sangatlah tidak wajar, pada beberapa foto yang dikirimkan menunjukan beberapa bagian Rovers Spirit dibersihkan secara manual, logam tampak mengkilap, mulai dari sekrup hingga panel robot dibersihkan secara selektif. Seolah-olah robot ini masuk ke tempat pencucian mobil dan dibersihkan oleh manusia.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek ini, kesimpulan berikut dapat diambil:

1. Seluruh misi penjelajahan Mars adalah penipuan.

Tidak pernah ada robot yang benar-benar dikirim ke Mars, misi ini sebenarnya dilakukan di Bumi dan secara curang NASA menampilkan gambar dan data ke komunitas ilmiah.

2. Ada koloni manusia di Mars.

Ada beberapa jenis koloni manusia (atau non-manusia) yang tinggal di Mars dan sebagian dari mereka bertugas membersihkan para Rovers.

Baca juga  5 Fakta Mengejutkan Mengenai Planet Mars

3.- Misi ini 100% nyata dan penjelasan NASA dapat dipercaya.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.