Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 10 Kota Tertua yang Pernah Dibangun di Bumi

3 min read
Sharing is Caring

Setiap sejarah yang diciptakan oleh manusia sebagian besar akan menyebutkan sebuah kota sebagai tempat terjadinya sebuah peristiwa bersejarah tersebut, beberapa diantara kota ini bahkan telah berdiri sebelum manusia menulis sejarah mereka sendiri.

Definisi dari kota adalah sebuah tempat yang memiliki populasi penduduk, beberapa bangunan, memiliki pemerintahan dan sistem yang mengaturnya.

Akan tetapi pada zaman dahulu, definisi sebuah kota hanyalah tempat tinggal yang memiliki populasi yang banyak dan bangunan berpola yang sama.

Berikut ini adalah beberapa kota yang paling tua yang pernah dibangung di Bumi:

10. Damascus – Kota paling tua di Bumi

Damaskus sekarang adalah ibu kota Republik Arab Suriah dan dianggap sebagai kota terbesar di negara ini. Damaskus memiliki sejarah yang luas dan menurut para ulama, kota ini telah berdiri dari sekitar 10.000 SM.

Kota kuno Damaskus diakui sebagai pusat budaya, perdagangan komersial, dan pemerintahan administratif yang paling maju selama ribuan tahun.

9. Jericho, hampir setua Damaskus

Menurut laporan, para arkeolog telah berhasil menggali reruntuhan sebanyak 20 permukiman berturut-turut di kota Yerikho atau Jericho, yang berumur lebih dari 11.000 tahun.

Kota ini adalah salah satu kota tertua yang memiliki penduduk terbanyak di Bumi, dan peningkatan populasi terbanyak kota Jericho diperkirakan sekitar tahun 9.000 SM.

Baca juga  Inilah 7 Foto Langka Einstein di Masa Lalu, No 6 Paling Dikenang Dunia

8. Eridu – kota pertama umat manusia, menurut Daftar Raja Sumeria?

Kota kuno Eridu terletak di Irak. Kota ini telah lama dianggap sebagai kota paling awal dibangun di Mesopotamia selatan dan saat ini masih diperdebatkan sebagai kota tertua di dunia. Para ahli berpendapat bahwa Eridu bisa berarti tempat bimbingan yang hebat.

Disebutkan dalam Daftar Raja Sumeria: “Di Eridu, Alulim menjadi raja; Ia memerintah selama 28800 tahun. Alalngar memerintah selama 36.000 tahun. 2 raja; mereka memerintah selama 64800 tahun. Kemudian Eridu jatuh dan kerajaan dibawa ke Bad-tibira. ”

Kota kuno Eridu dianggap sebagai tempat kelahiran umat manusia oleh sebagian arkeolog.

Dalam mitologi Sumeria, Eridu dikatakan sebagai salah satu dari lima kota yang dibangun sebelum musibah Air Bah terjadi. Kota ini diyakini telah didirikan pada tahun 5400 SM.

7. Varanasi India – sebuah kota kuno yang didirikan oleh Dewa

Menurut legenda Hindu, kota kuno Varanasi berusia setidaknya 5.000 tahun dan dianggap sebagai salah satu kota pertama yang muncul di Bumi. Meskipun legenda menyebutkan bahwa kota ini telah berdiri lebih dari 5.000 tahun, bukti pembangunan tempat tinggal kota ini diperkirakan baru dimulai 3.000 tahun lalu.

Baca juga  5 Konspirasi Teori Terkenal yang Tak Banyak Diketahui

Menurut mitologi Hindu, Varanasi didirikan oleh dewa Siwa.

5. Aleppo – saat ini kota terbesar kedua di Suriah

Kota kuno Aleppo adalah harta karun sejarah. Kota ini baru saja digali oleh para ahli sejak kota modern Suriah mulai mengakuisisi wilayah kota kuno ini. Menurut laporan, kota kuno Aleppo dihuni sejak sekitar 5.000 SM, seperti yang ditunjukkan oleh penggalian di Tallet Alsauda.

Beberapa temuan dan bukti menunjukan bahwa kota Aleppo muncul lebih awal dari kota Damaskus.

Rekaman pertama Aleppo berasal dari milenium ketiga sebelum masehi, di tablet Ebla ketika Aleppo disebut sebagai kota Ha-lam. Alexander Agung mengambil alih kekuasaan kota Aleppo dibawah Mekdonia pada tahun 333 SM.

4. Arbil – sedikit orang yang tahu tentang kota kuno ini

Kota kuno Arbil adalah ibukota modern Irak Kurdistan dan merupakan salah satu kota terbesar di Irak modern. Menurut bukti arkeologis, pemukiman manusia di Arbil (alias Erbil) telah dimulai sekitar tahun 5.000 SM, temuan ini menjadikan Arbil salah satu pemukiman tertua yang dihuni oleh manusia. Arbil merupakan kota sentral dari kerajaan Asyur sekitar tahun 2050 SM, Arbil menjadi kota yang relatif penting selama Kekaisaran Asyur Lama.

Baca juga  7 Rekomendasi Anime Genre Historical Terbaik

3. Athena – tempat kelahiran peradaban Barat

Kota kuno Athena dianggap bukan hanya tempat sebagai kelahiran peradaban barat tetapi tempat lahirnya para ahli filsafat dan pemikir kritis.

Kota Athena telah dihuni selama sekitar 7.000 tahun.

2. Argos — rumah dari langkah-langkah Pheidonian

Menurut para ahli, kota kuno Argos telah dihuni sejak sekitar 5.000 SM. Dalam Mitologi Yunani, Argos adalah putra Zeus. Kota ini terkenal karena melahirkan berbagai disiplin ilmu pengukuran yang bermanfaat bagi manusia hingga saat ini.

Kota ini tidak memiliki status resmi sebagai kota dan malah dianggap sebagai sebuah desa selama 7.000 tahun. Menurut para sarjana, sejarah Argos dikenal sebagai sebuah kota dimulai pada milenium ke-1 SM yang lalu.

1. Crocodilopolis – kota “buaya” kuno di Mesir

Para ilmuwan memperkirakan bahwa kota kuno Crocodilopolis telah didirikan sekitar 4.000 SM.

Kota kuno ini adalah tempat pemujaan Dewa Buaya Sobek. Kota kuno ini didirikan di bantaran sungai Nil, yang terletak di barat daya kota Memphis.

(Visited 32 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.