Thu. Jul 16th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

7 Makhluk Kuno Menyeramkan yang sudah Punah

3 min read
Sharing is Caring

Banyak hal yang melibatkan hewan terkesan sangat mengerikan. Khususnya jika melibatkan fisik mereka, beberapa hewan seperti serangga dan yang lainnya membuat banyak orang merinding ketakutan. Sebut saja kelabang, monster yang satu ini banyak ditakuti bahkan ketika hanya membayangkan saja. Lalu bagaimana dengan kelabang berukuran raksasa? tentu banyak orang tidak ingin membayangkannya. Namun memang ada kelabang seperti itu. Mereka hidup jutaan tahun lalu. Dan bukan hanya kelabang raksasa, beberapa “monster” yang tidak kalah mengerikan dulu juga pernah menghuni bumi ini.

Dan inilah beberapa monster prasejarah mengerikan itu :

1. Arthropleura – Kelabang Raksasa

Hasil gambar untuk Arthropleura

Melihat kelabang modern saja akan membuat banyak orang merinding. Lalu bagaimana dengan kelabang purba yang lebih besar dan mengerikan dari saat ini? Orang tentu tidak akan mengharapkan keberadaan mereka. Namun memang ada kelabang yang seperti itu, itu adalah Arthropleura.

Arthropleura adalah leluhur kelabang. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 2,4 meter. Mereka bukan hanya lebih panjang puluhan kali lipat, tapi juga lebih berisi. Membayangkan makhluk ini merangkak di tubuh kita, sudah cukup untuk membuat kita merinding. Dan untungnya mereka sudah tidak ada saat ini.

Baca juga  Merinding, 5 Penampilan Hewan Ini Terlalu Seram Untuk Didekati

Arthropleura hidup pada periode permian awal, sekitar 300 juta tahun yang lalu. Sejauh ini invertebrata ini adalah spesies invertebrata yang paling besar yang pernah di diketahui.

2. P. kirktonensis – Kalajengking Pembunuh

Kalajengking merupakan hewan yang ditakuti banyak orang. Bukan karena ukurannya, melainkan karen racun mematikannya. Oleh karena itu cukup wajar jika P. kirktonensis, salah satu nenek moyang kalajengking akan ditakuti banyak orang jika masih ada.

P. kirktonensis kira-kira hidup pada periode Devonian, sekitar 400 juta tahun yang lalu. Mereka berukuran melebihi 60 cm. Sengatannya cukup kuat untuk membunuh hewan tertentu. Namun begitu, mereka mungkin makan arthropoda dan serangga yang lebih kecil.

3. J. rhenaniae – Kalajengking Laut

Hasil gambar untuk J. rhenaniae

J. rhenaniae cukup mengerikan. Mereka mencapai panjang 73 cm dengan penjepitnya lebih dari 46 cm. Seekor kalajengking seukuran buaya tentu saja merupakan predator yang harus diperhitungkan; ia berkeliaran di lautan hingga kepunahan Permian 250 juta tahun yang lalu.

Baca juga  Seandainya Masih Ada, 7 Hewan Ini Siap Memusnahkan Beberapa Kehidupan Di Bumi Ini

4. C. giganteum – Siput Raksasa

Para ilmuwan khususnya ahli paleontologi percaya jika C. giganteum hidup pada periode Eosen, sekitar 50 juta tahun lalu. Siput terbesar saat ini yang mencapai ukuran 18 cm tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan mereka, yang dapat mencapai ukuran 60 cm dan termasuk siput terbesar yang pernah ada (jika ada yang lebih besar, tetap mereka akan termasuk salah satu yang terbesar).

5. M. permana – Capung Raksasa

M. permiana adalah leluhur dari capung yang memiliki ukuran yang luar biasa. Bagaimana tidak luar biasa, lebar sayapnya saja dapat mencapai lebih dari 60 cm, sedangkan tubuhnya dapat mencapai panjang 40 cm. Bukan hanya ukuran, mereka juga mungkin telah memakan hewan sebesar katak dan dan tupai. Entah kabar baik atau bukan, tetapi mereka tidak ada lagi di bumi ini. Itu diakibatkan oleh tingkat oksigen yang semakin tinggi pada jutaan tahun lalu.

6. Euphoberia – Kalabang Lain yang Mengerikan

Tadi mungkin sudah dibahas tentang leluhur kelabang yang mengerikan. Namun masih ada lagi kelabang kuno yang pernah hidup di bumi. Tentu itu juga lebih mengerikan daripada kelabang saat ini.

Baca juga  Jam Tangan Kualitas Internasional Buatan Anak Bangsa Yang Tidak Kalah Dengan Merek Luar

Kelabang purba lain yang lebih mengerikan adalah Euphoberia. Mereka ditemukan di seluruh eropa dan Amerika Utara. Mereka mengerikan karena ukurannya yang bisa mencapai lebih dari 0,9 meter sedangkan untuk bentuk dan prilaku, mereka terkesan mirip dengan kalabang modern saat ini. Namun coba bayangkan jika kelabang raksasa modern, yang hanya mencapai ukuran 25 cm saja dapat memangsa burung, ular, dan kelelawar, lalu bagaimana dengan Euphoberia?

7. Anomalocaris canadensis

Hewan ini lebih terkesan aneh daripada mengerikan. Bukan hanya tubuhnya, melainkan juga giginya yang tajam juga terlihat aneh, biasa mereka gunakan untuk memotong sekaligus menangkap mangsa besar. Ukuran tubuhnya sendiri dapat mencapai 1 meter. Mengingat mereka hidup 500 juta tahun yang lalu, cukup wajar melihat keanehan tubuhnya.

(Visited 159 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.