Sun. Aug 9th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Tempat Terakhir Di Bumi yang Belum “Tersentuh” Oleh Ilmuwan Sepenuhnya

3 min read
Sharing is Caring

Mungkin kita berpikir jika bumi kita saat ini sudah sepenuhnya tersentuh atau sepenuhnya dieksplorasi oleh manusia. Hal itu terkait dengan teknologi yang semakin maju, membuat seolah-olah bumi bisa tereksplorasi sepenuhnya. Meskipun teknologi mungkin dapat melakukan hal itu, tetapi untuk beberapa alasan, ada beberapa tempat di bumi ini yang masih belum sepenuhnya tereksplorasi. Banyak makhluk hidup juga yang belum terdokumentasi dan banyak ekosistem langka yang menunggu untuk ditemukan.

Dan inilah beberapa tempat yang belum dieksplorasi sepenuhnya di bumi ini:

1. Kamchatka – Rusia

Hasil gambar untuk kamchatka

Rusia termasuk salah satu wilayah yang cukup luas. Karena hal itu masih ada beberapa tempat yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Salah satunya adalah semenanjung Kamchatka yang berada di timur jauh Rusia.

Tempat ini berisi berbagai hal yang menakjubkan, seperti sumber air panas, pegunungan yang tertutup salju, padang rumput, serta beragam flora dan fauna yang tidak dikenal dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Namun sebagian besar tempat ini masih belum tersentuh karena sejarah panjang kekacauan politik Rusia. Oleh karena itu tidak dapat akses untuk memasuki tempat ini.

Baca juga  10 Orang Yang Membuktikan kalau Malas Selalu Punya Ide Kreatif

2. Cenote Di Semenanjung Yucatan Meksiko

Cenote dihasilkan dari runtuhnya batu kapur dan batuan dasar yang mengekspos air tanah di bawah. Nama ini terutama terkait dengan Semenanjung Yucatán di Meksiko. Ribuan Cenote ditemukan di seluruh semenanjung yukatan Meksiko. Mereka dikenal berperan penting dalam mitologi maya sebagai sumber air minum.

Secara resmi jumlah mereka sekitar 6.000. Banyaknya Cenote yang tersebar tersebut membuat tempat ini tidak dapat dijelajahi semuanya. Terlepas dari Cenote yang dapat dilihat, beberapa yang tidak dikenal masih perlu untuk jelajahi satu-persatu terlebih dahulu. Hal itu membuat tingkat kehidupan di sana masih belum diketahui sehingga para ilmuwan percaya bahwa masih banyak hal baru yang menunggu untuk ditemukan.

3. Mount Mabu Rainforest – Mozambik

Banyak tempat di benua afrika yang belum terjamah oleh manusia, termasuk juga Gunung Lico di mozambik. Berkat google earth para ilmuwan mengetahui jika di dalamnya terdapat hutan hujan tersembunyi yang menyimpan kekayaan yang baru.

Baca juga  Tuhan Diciptakan Manusia? Mantan Karyawan Google Ciptakan Agama Baru Penyembah Robot

Para ilmuwan yang untuk pertama kalinya (pada tahun 2018) menjelajahi hutan hujan tersebut menemukan beberapa spesies baru dan ekosistem yang tidak pernah tersentuh. Gunung Lico dapat menyimpan ekosistem yang lebih terisolasi dan mengungkap flora dan fauna yang lebih unik.

4. Vale Do Javari Brazil

Di di sekitar hutan hujan amazon ada sebuah tempat yang terisolasi dan belum dieksplorasi, termasuk juga suku yang berada di dalamnya. Suku yang dikenal sebagai javari ini tinggal di lembah yang diberi nama Vale do Javari. Mereka menolak untuk berhubungan dengan dunia luar, meskipun beberapa belakangan ini ada kasus kekerasan terhadap mereka oleh penambang emas.

5. Gua Meghalaya – India

Meskipun india adalah salah satu negara dengan penduduk terpadat, beberapa daerah ternyata masih ada yang semuanya belum dieksplorasi. Tempat itu berada di bagian timur laut dan selalu terputus dari india, karena lokasi geografisnya. Bahkan para ilmuwan tidak tahu jika tempatnya ternyata ada.

Baca juga  5 Tempat Paling Menakutkan di Dunia

Gua Meghalaya merupakan salah satu sistem gua terbesar di dunia yang menjadi tempat bagi banyak gua bawah tanah yang terisolasi dan belum dapat dieksplorasi sepenuhnya.

6. Pulau North Sentinel

Alih-alih ilmuwan, bahkan manusia modern tidak ada yang pernah atau berani menyentuh Pulau North Sentinel. Keberadaannya yang terisolasi disebabkan oleh salah satu suku di pulau tersebut, Suku Sentimalese. Mereka terkenal sangat sadis hingga pemerintah menetapkan peraturan untuk tidak menginjakkan kaki atau bahkan melintasi Pulau North. Pada Januari 2006, ada 2 nelayan yang terdorong oleh arus air ke dekat pulau. Kedua nelayan tersebut akhirnya dibunuh oleh suku pulau itu.

Sekian beberapa tempat yang belum dieksplorasi dan beberapa tempat yang terisolasi di bumi ini. Masih ada tempat lain yang sebenarnya belum sepenuhnya dieksplorasi. Bumi ini luas jadi perlu waktu agar kita sepenuhnya mengeksplorasi nya. Namun harus ditekankan juga eksplorasi tersebut memperhatikan lingkungan.

(Visited 71 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.