Sat. Dec 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional? Begini Sejarahnya!

2 min read
Sharing is Caring

Sejarah awal mula bahasa inggris sangatlah panjang untuk bisa menjadi bahasa Internasional. Saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa resmi di berbagai negara. Seperti Amerika Serikat, Antigua dan Ba rbuda, Australia, Bahama, Barbados, Bermuda, Britania Raya, Guyana, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Selandia Baru, Trinidad dan Tobago.

Bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi di beberapa organisasi internasional seperti PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) dan IOC (International Olympic Comittee), serta menjadi bahasa resmi di berbagai negara, seperti di Kanada, Hongkong, Nigeria, Irlandia, Singapura dan lainnya.

Lalu dari mana asal mula penggunaan bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa yang banyak digunakan di dunia?

Baca juga  Tak Banyak yang Tahu, Inilah 10 Kota Tertua yang Pernah Dibangun di Bumi

Sekitar abad 16 masehi, Imperium Britania berhasil menguasai hampir separuh dunia. Imperium ini menggunakan bahasa inggris, sehingga tidak heran jika negara yang dulunya masuk dalam wilayah Imperum Britania itu hingga sekarang menggunakan bahasa inggris.

Tak hanya bahasa saja yang masih melekat di negara bekas wilayahnya, praktik ekonomi, hukum, sistem pemerintahan, masyarakat dan olahraga pun diwariskan dari imperium yang memiliki populasi sekitar 458 juta orang tersebut.

Saking besarnya kekuasaan Imperium Britania ini, banyak perkembangan dalam berbagai hal, sehingga dalam sejarah dunia serta pada suatu periode tertentu Imperium Britania ini pernah menjadi kekuatan utama di dunia.

Selain karena warisan dari Imperium Britania, sebagian banyak yang berpendapat mengenai alasan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Ke-empat alasan itu diantaranya, karena Negara Inggris merupakan negara yang maju.

Baca juga  Portal Menuju Alam Lain

Selain itu, Negara Inggris juga merupakan negara yg paling banyak jajahannya di seluruh dunia, sehingga mempengaruhi wilayah jajahannya. Disamping itu, bahasa inggris disebut-seut sebagai bahasa yang memiliki tata bahasa yang lengkap dan rapi, sehingga mudah untuk dipelajari. Dan alasan terakhir adalah, karena penduduk inggris sering malncong ke berbagai negara.

(Visited 38 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.