Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Banyak Orang Tak Sadar Kalau Gejala ini Karena Kanker Paru! Nomor 2 Gak Nyangka!

2 min read
Sharing is Caring

Akibat berbagai faktor seperti genetik, kebiasaan merokok, polusi udara dan lain-lain membuat banyak yang terkena kanker paru. Terutama para pria.

Banyak pasien yang terlambat terdeteksi kanker paru karena sering mengabaikan gejala-gejalanya. Padahal angka keberhasilan terapi penyembuhan kanker paru akan semakin besar jika kanker bisa terdeteksi sedini mungkin.

Berikut ini beberapa gejala kanker paru yang jarang orang sadari.

1. Napas berbunyi

Jika saat bernapas mengeluarkan bunyi seperti ‘ngik-ngik’ atau yang terdengar kasar disertai lendir yang berbunyi ‘grok-grok’ sebaiknya periksakan diri ke dokter. Karena napas berbunyi tak hanya menjadi gejala penyakit asma saja tapi juga kanker paru.

Suara ini timbul akibat penyempitan saluran pernapasan oleh sel kanker.

Baca juga  Hanya Sedikit Orang yang Mampu Menemukan Wajah Tersembunyi Dalam Lukisan ini

2. Suara serak

Jangan bahagia jika tiba-tiba suaramu jadi serak dan beranggapan malah jadi seksi. Karena kamu gak bakal nyangka bahwa suara serak bisa jadi pertanda kanker paru yang sudah menyebar hingga pita suara.

Untuk membedakan suara serak akibat infeksi atau kanker paru, perhatikan jangka waktunya. Jika tak kunjung membaik dan malah suara semakin berat dari waktu ke waktu sebaiknya periksa diri ke dokter karena bisa jadi tanda kanker paru.

3. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan tiba-tiba selalu menandakan ada yang tidak beres. Karena bisa jadi pertanda kanker, salah satunya kanker paru. Sel kanker akan menyebabkan peradangan yang kemudian membuat penderitanya tidak nafsu makan.

Baca juga  7 Rekomendasi Sprei Cantik Untuk Kamar Tidur Minimalis, Nomor 6 Tampak Modern

Selain itu, sel kanker akan menghabiskan sebagian besar energi dalam tubuh. Sehingga bobot tubuh pun menyusut drastis.

4. Nyeri pada tulang

Tampak tidak ada hubungannya, namun kanker paru bisa menyebar ke tulang sehingga menimbulkan nyeri tulang.

Itulah beberapa gejala kanker paru yang sering luput diperhatikan. Jika mengalami gejala diatas jangan tunda lagi ke dokter untuk segera mendapat penanganan.

(Visited 49 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.