Thu. Aug 13th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tinggalkan Prabowo, PA 212 Bak Macan Ompong

2 min read
PA 212

PA 212

Sharing is Caring

Sejak Pilkada DKI Jakarta, kelompok Islam yang dianggap cukup keras semacam FPI mendapatkan tempat dan momen yang tepat. Mereka yang awalnya hanya lokal di Jakarta kemudian bisa menggalang massa hingga seluruh Indonesia.

Dimulai dari momen tuduhan penistaan agama terhadap Ahok, FPI kemudian melebarkan pengaruhnya dengan membentuk Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan GNPF Ulama. Jika diteliti, orang-orangnya hanya itu-itu saja.

Momentum mereka semakin membesar tatkala pemilu berlangsung. Mereka melakukan filtrasi ke dunia politik melalui ijtima’ ulama yang digelar untuk melegitimasikan pengaruh mereka.

Beberapa pentolan FPI, PA 212, dan GNPF Ulama bahkan masuk ke jajaran tim sukses Prabowo Sandi dengan posisi-posisi strategis. Tercatat ada nama Ketua PA 212 Slamet Ma’arif dan Ketua GNPF Ulama Yusuf Martak turut dalam timses tersebut. Selain itu, ada pula nama-nama seperti Novel Bamukmin, Haikal Hassan, dan Al Khaththath.

Baca juga  Peneliti Indef: Lockdown Jakarta Bisa Sebabkan Kelaparan Massal

Momentum mereka dalam kancah perpolitikan akhirnya pudar setelah Prabowo bertemu dengan Jokowi. Mereka kemudian meninggalkan Prabowo dan berusaha mencari kendaraan baru.

Secara terang-terangan, mereka menyampaikan bahwa Prabowo-Sandi hanya dijadikan sebagai alat untuk perjuangan mereka.

Karena kemarin kita ikut dalam perpolitikan sebagai alat dan perjuangan kita. Sekali lagi, kemarin itu partai-partai, BPN, Prabowo-Sandi itu adalah alat kendaraan perjuangan kita untuk menegakkan spirit 212,” ujar Ketua PA 212 Slamet Ma’arif seperti dilansir dari suara.com (15/7/2019).

Tanpa partai politik, PA 212 ibarat macan ompong yang hanya bisa menggertak tapi tak punya kekuatan politik. Untuk itu, pastinya mereka akan cari kendaraan baru untuk mewujudkan tujuan-tujuannya.

Baca juga  Sama Seperti Enam Jenderal, Hidup Aidit Pun Berakhir di Sebuah Sumur, Ini Kisahnya
(Visited 33 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.