Wed. Jul 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ilmuwan Dibuat Terguncang Saat Temukan Pohon Berusia 40.000 Tahun Ini!

1 min read
Sharing is Caring

Para ilmuwan dendroclimatologis terguncang saat menemukan kayu merah dari gempa California.

Pohon kauri yang berusia 41.000 tahun itu ditemukan terkubur di rawa di Selandia Baru. Cincin kayu itu sendiri menjadi saksi pergeseran kutub magnetik terakhir Bumi.

“Selama 200 hingga 300 tahun, kutub geomagnetik virtual bergerak searah jarum jam dari posisi utara aslinya, berjalan jauh ke belahan bumi selatan sebelum berayun ke utara lagi. Jika ini terjadi saat ini, itu mungkin akan memiliki implikasi signifikan bagi teknologi modern karena radiasi kosmik yang jauh lebih kuat yang menimpa permukaan Bumi hampir pasti akan berdampak pada satelit dan komunikasi. Kami tidak perlu khawatir tentang ini tetapi penting untuk mengetahui seberapa cepat perubahan ini dapat terjadi. “

Baca juga  5 Jenis Kayu Paling Mahal di Dunia

Alan Hogg, direktur Waikato Radiocarbon Dating Laboratory di Waikato University, mengatakan bahwa mempelajari cincin pohon seluas 16 meter itu akan mengungkapkan persis bagaimana perubahan radiokarbon selama rentang hidupnya.

Rentang hidup itu diperkirakan antara 1500 dan 200 tahun, dimulai sekitar 42.5000 tahun yang lalu di dekat tempat yang sekarang bernama Kaikohe, sebuah kota di Distrik Far North, Selandia Baru.

Kauri (Agathis australis) ditemukan pada akhir Maret di rawa masif selama penggalian pembangkit listrik tenaga panas bumi baru di dekat Ngāwhā Springs. Pohon itu diawetkan di tanah liat sedalam 9 meter.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.