Wed. Sep 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

3 Amalan ini Pahalanya Seperti Haji, Bisa dilakukan Kapanpun

2 min read
Sharing is Caring

Allah maha mengetahui atas segala keadaa hamba-hambanya, maka dari itulah Allah selalu memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk melaksanakan ibadah lainnya, sekalipun amalan yang dilakukan tampak sederhana, namun Allah justru melipat gandakan ibadah tersebut sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada Hamba-Nya.

Dr Yusuf Zainal Abidin, Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menjelaskan tentang amalan yang pahalanya mendekati pahalanya seperti melaksanakan ibadah haji.

Amalan pertama ialah salat 5 waktu yang dilaksanakan secara berjamaah di Masjid dan salat dhuha.

Telah diketahui, tentang keutamaan shalat berjamaah dimana akan mendapatkan 27 kali lipat derajat pahala jika dilaksanakan secara terus menerus.

“Jika Salat lima waktu berjemaah terus dikerjakan tanpa putus-putus, pahalanya mendekati seperti orang melaksanakan haji,” ujar Dr Yusuf, kepada Tribun Jabar saat ditemui di Hotel Grand Asrilia, Minggu (14/7/2019).

Baca juga  Keluarga ini Terobsesi Menjadi Keluarga Terkuat!

Begitu juga dengan melaksanakan shalat dhuha secara terus menerus yang juga akan dilimpahkan seperti melaksanakan ibadah umrah.

Penjelasan tersebut, dikatakan Dr Yusuf, didasarkan pada hadits riwayat Abu Umamah bahwa Rasulullah berkata.

“Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan shalat dhuha dan tidak ada tujuan lain selain itu, maka akan diberikan pahala umrah,” (HR Abu Daud).

Amalan kedua adalah puasa Arafah. Telah dijelaskan oleh Dr Yusuf, seperti halnya amalan orang yang melaksanakan ibadah haji menunaikan wukuf di Arafah, orang yang tak berhaji juga bisa melaksanakan amalan puasa Arafah.

Selain melaksanakan puasa Arafah, saat bulan haji umat muslim diberbagai penjuru dunia juga akan mengerjakan amalan penyembelihan kurban, dimana orang yang berkurban pahalanya niscaya mendekati pahala haji,” ujarnya.

Baca juga  12 Foto Pembalasan Dendam yang Bikin Ngakak

Yang ketiga, yaitu amalan zikir setelah shalat subuh berjamaah, hingga terbit matahari kemudian melaksanakan shalat dua rakaat.

Hal ini berdasarkan riwayat hadist dari Anas bahwa Rasulullah berkata.

“Siapa yang mengerjakan salat subuh berjemaah, kemudian dia tetap duduk sambil zikir sampai terbit matahari dan setelah itu mengerjakan salat dua rakaat, maka akan diberikan pahala haji dan umrah,” (HR At-Tirmidzi).

Sekalipun ketiga amalan tersebut pahalanya seperti ibadah haji dan umrah, tapi bukan berarti orang yang melakukan amalan-amalan tersebut tidak diwajibkan melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Kewajiban haji dan umrah masih tetap berlaku bagi setiap muslim yang telah mampu. Yang justru pahala dari ketiga amalan tersebut diserupakan seperti pahala ibadah haji dan umrah tujuannya tak lain agar memotivasi muslim lainnya untuk melksankan ibadah haji dan umrah.

Baca juga  5 Layanan Cloud Gaming Terbaik, Bisa main Game PS4 di Smartphone

Bagaimana menurut anda?

(Visited 13 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.