Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Beredar Hoaks Tunggu Komando Habib Rizieq Shihab untuk Bunuh Diri Massal, Cek kebenarannya disini

1 min read
Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab

Sharing is Caring

Baru-baru ini, beredar sebuah tangkapan layar yang memperlihatkan headline berita berjudul “PA 212: Kami Sudah Tidak Bersama Prabowo, Tunggu Komando Habib Rizieq Untuk Bunuh Diri Massal’.

Berita ini tentunya cukup menghebohkan bila benar-benar terjadi. Tapi ternyata semua itu hanya berita bohong alias hoaks. Hal ini disampaikan langsung oleh media yang bersangkutan.

“Kami tidak pernah membuat judul seperti itu. Judul aslinya adalah ‘PA 212: Kami Sudah Tidak Bersama Prabowo, Tunggu Komando Habib Rizieq’. Berita tersebut tayang 13 Juli 2019 pukul 18.12 WIB,” ujar Pemimpin Redaksi merdeka.com Ramadhan Fadillah.

Judul artikel di atas ternyata telah diedit sehingga menjadi demikian. Padahal judul artikel aslinya adalah “PA 212: Kami Sudah Tidak Bersama Prabowo, Tunggu Komando Habib Rizieq.”

Baca juga  Dubes RI Di Arab Saudi: Rizieq Bacakan Doa Dengan Suara Keras, Ini Tak Etis

Sedangkan tambahan ‘untuk Bunuh Diri Massal’ merupakan hasil editan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pimpinan Redaksi merdeka meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya berita tanpa melakukan kroscek terlebih dahulu.

“Penting untuk melakukan cek dan ricek sebelum menyebarkan foto atau link berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya,” ujar Ramadhan seperti dilansir dari liputan6.com (16/7/2019).

Semoga semua bisa bijak dalam membaca berita.

(Visited 22 times, 1 visits today)