Tue. Oct 20th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Mahluk Aneh yang Ada Sebelum Dinosaurus

3 min read

The reconstruction of a filter-feeding Aegirocassis benmoulae from the Ordovician Period feeding on a plankton cloud is shown in this artist rendering released to Reuters on March 10, 2015. Scientists on March 11, 2015 announced the discovery in southeastern Morocco of beautifully preserved fossils of a huge arthropod - the group that includes crabs, scorpions, insects, spiders, centipedes and more - that lived 480 million years ago. The creature, called Aegirocassis benmoulae, was at least 7 feet (2.1 meters) long. It is the last known member of a group called anomalocaridids that included some of the first top predators near the dawn of animal life. REUTERS/Marianne Collins, ArtofFact/Handout via Reuters (UNITED STATES - Tags: ENVIRONMENT SCIENCE TECHNOLOGY) NO SALES. NO ARCHIVES. FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS. THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. IT IS DISTRIBUTED, EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS. MANDATORY CREDIT

Sharing is Caring

Dinosaurus mungkin hewan yang banyak dikenal ketika mengingat jutaan tahun yang lalu. Namun hewan yang ada sebelum adanya dinosaurus juga tidak kalah luar biasa bahkan mungkin lebih dari mereka. Kebanyakan hewan-hewan itu memiliki tubuh yang benar-benar di luar imajinasi kita. Mengingat bagaimana lingkungan dulu dan sekarang berbeda, beberapa hewan kuno itu telah memberikan beberapa hal aneh bagi kita.

Dan inilah beberapa hewan aneh yang hidup sebelum adanya dinosaurus :

1. Dickinsonia

Fosil Dickinsonia yang ditemukan berusia hingga 600 juta tahun. Mereka hidup pada masa Ediacaran, periode tepat sebelum Kambrium (skala waktu geologi yang dimulai pada sekitar 542 juta tahun lalu).

Dickinsonia sangat aneh. Mereka dianggap seperti ubur-ubur dengan panjang antara beberapa mm hingga 1 meter. Namun beberapa tidak sepenuhnya yakin apakah mereka bahkan termasuk binatang atau mungkin malah merupakan tanaman primitif, jamur atau makhluk jenis lain.

Baca juga  Kecil, Tapi 6 Serangga ini Paling Berbahaya dan Harus Dihindari

2. Aegirocassis

Aegirocassis akan terlihat samar-samar seperti udang besar yang mengerikan dengan dua pasang flap renang dan duri frontal menggantung turun dari mulutnya. Dengan tubuh dan aksesoris lainnya itu, Aegirocassis mungkin terlihat seperti makhluk dari dunia lain. Namun faktanya mereka adalah hewan yang hidup di bumi pada Ordovisium Awal, sekitar 480 juta tahun yang lalu. Hewan ini dapat memiliki panjang 2,1 meter dan kemungkinan termasuk hewan terbesar pada zamannya.

3. Pneumodesmus Newmani

Kaki seribu kecil ini diketahui dari 1 fragmen fosil sepanjang 1 cm yang ditemukan di skotlandia pada tahun 2004. Itu menjadi penemuan paleontologis paling penting dalam beberapa tahun terakhir.

Pneumodesmus Newmani menjadi makhluk pertama yang diketahui hidup di darat. Mereka hidup pada akhir periode siluria, sekitar 428 juta tahun yang lalu. Pada saat itu bumi dalam keadaan mati dan tandus kecuali beberapa alamat primitif dan tanaman kecil yang menempel di dekat pantai makhluk hidup yang pertama yang menjajah tanah, sekitar 50 juta tahun lebih awal dari yang diperkirakan.

Baca juga  5 Film Indonesia Tersadis Sepanjang Masa

4. Jaekelopterus

Jaekelopterus hidup selama periode Devonian, sekitar 390 juta tahun yang lalu. Dilengkapi dengan bagian mulut seperti cakar (chelicera) berukuran 146 cm, hewan aneh ini akan berburu di sekitar danau dan muara. Mereka berukuran besar, tumbuh sekitar 2,5 m dan merupakan arthropoda terbesar yang pernah ada.

5. Haikouichthys

Laut terkadang menyembunyikan berbagai hal aneh dan tidak dikenal dari kita. Termasuk keberadaan hewan yang ada di sana, meskipun banyak spesies yang modern yang berevolusi ciri zaman yang jauh, termasuk ikan.

Haikouichthys adalah ikan yang paling kuno yang dikenal. Mereka hidup di lautan antara 520 dan 535 juta tahun yang lalu dengan ukuran 2,5 cm. Ikan primitif ini samar-samar mirip dengan ikan modern karena memiliki kepala dan ekor yang berbeda.

Baca juga  7 Makhluk Kuno Menyeramkan yang sudah Punah

6. Akmonistion

Hiu termasuk hewan yang paling kuno yang masih ada di planet ini sampai sekarang. Tentu itu setelah berevolusi setidaknya sekitar 420 juta tahun yang lalu. Pada saat itu hiu yang paling kuno, Akmonistion memiliki tubuh yang berbeda dan terlihat aneh dibandingkan yang hidup pada saat ini. Aneh karena mereka memiliki beberapa fitur seperti duri di bagian atas kepalanya dan fitur lain yang kegunaannya menjadi misteri.

(Visited 204 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.