Mon. Jul 6th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

10 Perang Terlama Dalam Sejarah. Salah Satunya Di Indonesia

2 min read
Sharing is Caring

Sepanjang sejarah, manusia selalu terlibat konflik. Dari memperebutkan sumber makanan, hingga wilayah kekuasaan.

Beberapa perang terjadi begitu lama hingga anak cucu harus mewarisi kebencian pada musuh tanpa tahu apa sebenarnya yang diperebutkan.

Berikut beberapa perang terlama yang tercatat dalam sejarah:

Perang Seratus Tahun

Perang ini sebenarnya berlangsung selama 116 tahun. Perang dimulai pada tahun 1337 saat Raja Edward III dari Inggris mengklaim tahta Prancis sebagai miliknya. Hal ini menandai dimulainya serangkaian pertempuran antara Prancis dan Inggris yang tidak berhenti sampai tahun 1453.

Perang Punic

Perang antara Carthage dan Roma. Dimulai pada 264 SM, perjanjian perdamaian resmi yang mengakhiri Perang Punic baru ditandatangani pada tahun 1985.

Perang Saudara Guatemala

Perang ini berlangsung selama 36 tahun. Konflik timbul dari isu-isu antara suku Maya asli Amerika Selatan dan keturunan penakluk Spanyol, khususnya terkait dengan penggunaan lahan dan hak-hak umum. 

Baca juga  Ini dia 4 Saksi Bisu Sisa Perang Dunia Ke-2 Di Indonesia

Perang Tiga Puluh Tahun

Perang ini adalah pertempuran antara umat Katolik dan Protestan, dua partai dalam Kekaisaran Romawi Suci.

Perang Mawar (32 tahun)

Terjadi pada tahun 1455-1487, perang mawar adalah perang sipil yang berkecamuk di Inggris Utara. Pertempuran terjadi antara House of York dengan House of Lancaster. Masing-masing pihak percaya bahwa tahta Inggris adalah milik mereka. Nama perang ini diambil dari lambang yang digunakan oleh para prajurit, yaitu bunga mawar berwarna merah dan putih.

Perang Peloponnesia (27 tahun)

Ini adalah salah satu perang paling kuno dan panjang dalam sejarah, yang berlangsung dari 431 hingga 404 SM. Perang ini terjadi antara Liga Peloponnesia, yang dipimpin oleh Sparta, dengan kota Athena dan kekaisarannya. 

Baca juga  Dari Makam Nabi Yunus hingga Buddha Raksasa, Inilah 3 Warisan Hilang Akibat Perang

Perang Napoleon (23 tahun)

Dari tahun 1792 – 1815 serangkaian perang terjadi untuk melawan kekaisaran Napoleon oleh berbagai koalisi di Eropa. Perang-perang ini mengakibatkan bubarnya Kekaisaran Romawi Suci, membuka jalan bagi Kerajaan Inggris dan juga menabur benih-benih nasionalisme di Italia dan Jerman yang kemudian mengarah pada Perang Dunia di Eropa pada abad 20.

Perang Aceh (25 – 31 tahun)

Menjelang akhir abad 19. Terjadi perang antara Aceh dengan Belanda. Perang dimulai pada musim semi tahun 1873, dan berlangsung selama 25 hingga 31 tahun. Perang dimenangkan oleh pihak belanda, namun Belanda mengalami kerugian material yang luar biasa.

Perang Yunani-Persia (51 tahun)

Perang Yunani-Persia terdiri dari serangkaian pertempuran antara Kekaisaran Persia dan berbagai negara kota Yunani. Konflik dimulai pada 499 SM hingga sekitar 448 SM. Orang-orang Yunani berhasil mengusir Persia setiap kali mereka mencoba untuk menyerang daratan Yunani. Namun Persia tidak menyerah dengan mudah dan terus datang kembali, menyebabkan perang berlarut-larut tanpa kemenangan untuk kedua pihak.

Baca juga  Inilah 2 Tempat yang Diyakini sebagai Tempat Dewa!

Perang Vietnam (19 tahun)

Perang ini adalah salah satu konflik Amerika terpanjang dan paling menyakitkan. Perang ini dimulai pada tahun 1956 hingga 1975. Sampai saat ini, perang ini menjadi kenangan yang menyakitkan bagi orang Amerika.

Jadi bagaimanapun juga, mari kita jaga perdamaian negara kita. Karena sekali timbul konflik, kita tak tahu kapan konflik itu akan berakhir. Kita tentu tak ingin mewariskan kekejaman perang pada anak cucu kita bukan?

(Visited 42 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.