Wed. Sep 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Penguasa ini Seketika Lumpuh Setelah Ulama yang Dizaliminya Membaca Ayat Berikut

2 min read
Sharing is Caring

Sudah sepantasnya seorang ulama yang mengajarkan manusia kepada kebenaran mendapatkan posisi yang dimuliakan. Namun, banyak peristiwa hari ini yang membuat kita merasa miris. Di mana seorang ulama justru diperlakukan sewenang-wenang. Tentu saja, hal serupa pernah pula terjadi di masa lampau.

Adalah Al Laits bin Sa’ad Al Mishri adalah seorang ulama dari kalangan tabi’in yang berasal dari Mesir. Beliau telah memiliki ilmu yang luas di usianya yang masih sangat belia, 16 tahun. Keilmuan dan kefaqihannya diakui oleh guru-gurunya juga oleh para ulama senior di masa itu.

Suatu waktu, Ayah Al Laits meninggal dunia, maka ia pun pulang ke kampung halamannya di provinsi Qalyubiyah, tak jauh dari ibu kota Mesir.

Baca juga  Ditinggal Tugas Negara, Tentara Ini Kaget Lihat Miscall di HP Istri Saat Pulang. Ternyata

Di daerahnya, sang ayah ternyata adalah tokoh masyarakat yang dihormati, hartanya pun melimpah dengan sejumlah are pertanian yang subur. Setelah sang ayah wafat, Al Laits menjadi tulang punggung keluarga dan menjaga keluarganya. Namun, penguasa lokal merobohkan rumah peninggalan ayahnya. Tanpa sebab, tanpa alasan.

Al Laits tidak protes, tidak pula membantah. Dengan kesabaran khas orang beriman, Al Laits berusaha membangun kembali rumah tersebut. Namun baru saja pembangunan dimulai, penguasa mengirimkan pasukan kembali untuk merobohkannya.

Al Laits tetap tidak melawan, namun keesokannya ia berusaha membangun kembali rumah tersebut dan lagi-lagi penguasa mengirim orang-orangnya untuk menghancurkan rumah yang sedang dibangunnya.

Tiga kali Al Laits berusaha membangun rumah tersebut, tiga kali pula sang penguasa mengirim pasukan untuk menghancurkan rumahnya. Tentu saja Al Laits merasa kesedihan manusiawi. Ia berpikir apakah sang penguasa memiliki dendam terhadap ayahnya, ataukah memang tak menyukainya sehingga berupaya menghinakannya.

Baca juga  Suka Digunakan Untuk Area Kewanitaan Ternyata Daun Ini Ampuh Atasi 4 Masalah Kulit

Dalam kesedihannya, Al Laits hanya mengadukan hal tersebut kepada Tuhannya. Ia tak mengeluh atau berkata buruk tentang penguasa daerahnya. Sampai malam harinya, sebuah keanehan terjadi. Al Laits bermimpi didatangi seseorang yang mengatakan kepadanya, “Hai Laits, bacalah: “Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi (Mesir) itu, dan hendak menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi (bumi)” 

Al Laits pun membaca ayat tersebut. Dan tepat keesokan paginya, ia mendengar kabar bahwa sang penguasa mengalami kelumpuhan mendadak. Setelah itu sang penguasa barulah memerintahkan bawahannya untuk menghentikan kezaliman kepada ulama, khususnya tidak lagi merobohkan rumah Al Laits. Selang beberapa hari kemudian penguasa ini meninggal dunia.

Baca juga  Niatnya ingin Sehat tapi malah Sekarat?

kisah ini semoga menjadi pelajaran bagi kita untuk senantiasa menghormati dan memuliakan ulama. Karena merekalah penerus para Nabi yang mengajak manusia pada kebenaran dan beribadah hanya kepada Allah semata.

Sungguh, Allah bersama orang-orang yang bertaqwa dan berada di jalanNya.

 Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang beriman…

(Visited 11 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.