Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Mengenal Dua Sahabat Beromzet Miliaran Rupiah, Ternyata Mereka…

2 min read
Sharing is Caring

Ada banyak kisah inspiratif yang bisa menjadi sebuah pelajaran dari para pengusaha properti tak terkecuali dari dua sahabat yang kini turut meramaikan pasar tanah air, yaitu Darren Chua dan Remy Ng.

Tak lain mereka merupakan pendiri dari Genesis Indojaya, perusahaan pengembang berbagai properti yang ada di Jakarta dan Bali. Meski telah meraup banyak keuntungan dari bisnis yang dibangunnya di Indonesia, tak banyak yang tahu jika keduanya berasal dari Singapura.

Melansir Yahoo Finance, mereka adalag sepasang sahabat yang bertemu saat menempuh pendidikan di sekolah militer pada 2004. Pertemanan tersebut terus saat mereka menempuh pendidikan di National University of Singapore (NUS).

“Kami telah menjadi teman sejak masa militer, dan kami selalu mengobrol tentang bisnis apa yang ingin kami lakukan bersama,” ujar Chua

Baca juga  Seorang Kakek Berterima Kasih Kepada Pencuri Ikan, Ternyata...

Mereka memang telah tertarik berbisnis sejak masa kuliah itu terbukti ketika mereka memulai bisnis bersama, yakni dengan membuka tempat pencucian mobil.

Sekalipun bisnisnya harus kandas di tengah jalan, namun itu tak membuat mereka berhenti berbisnis, karena setelah itu, Chua dan Ng mendirikan kios bubble tea yang pada akhirnya juga harus dijual ke rekan mereka setelah berjalan selama enam bulan.

Mereka kemudian bekerja ditempat berbeda. Meski telah bekerja di tempat berbeda, keduanya masih bermimpi untuk membuka bisnisnya sendiri, dengan berencana masuk ke pengembangan properti.

Jalan untuk mewujudkan mimpi mereka pun seakan terbuka lebar setelah Chua dan Ng bertemu dengan seorang teman asal Indonesia yang mengenalkan mereka dengan bisnis properti di negeri ini yang juga mengatakan, harga tanah di Indonesia lebih murah.

Baca juga  Usianya Lebih 100 Tahun, Nenek ini Masih Kuat Naik Haji. Ternyata Amalkan ini Sejak Muda

Hingga pada tahun 2012, Chua dan Ng memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Genesis Indojaya. Dimana dalam struktur perusahaan yang mereka dirikan tersebut, Ng berperan sebagai direktur pelaksana sedangkan Chua sebagai penasihat ekuitas perusahaan, karena keahliannya dalam menyusun kontrak dan strategi.

Tak hanya berdua, mereka juga bekerja sama dengan teman Indonesia yang memilih untuk tidak dipublikasikan namanya.

Modal awal diperoleh melalui pinjaman dari teman dan keluarga. “dengan mengatakan bahwa kami tidak bisa menjamin mereka mendapatkan uangnya kembali, namun kami menawarkan pengembalian sebesar 30 persen, 10 persen dalam jangka waktu lebih dari 2,5 tahun,” lanjut Ng.

Selanjutnya mereka meningkatkan ekuitas dan mulai membeli tanah pada 2013 dan mampu menggandakan uang yang dipinjam untuk pembangunan proyek pertama di Indonesia.

Baca juga  Kabar Yang sangat Dikhawatirkan Belakangan Ini Akhirnya Terjadi

Tapi sayang semua tak berjalan mulus seperti yang mereka bayangkan sebelumnya. terlebih mereka masih muda dan masih awam dalam bisnis properti. “

Hingga pada akhirnya mereka pun berhasil meyakinkan para investor. Terlebih, Chua yang membantu menyusun perjanjian, mengatakan selalu meminimalisasi potensi kerugian serta Investor akan mendapatkan pengembalian setelah penyelesaian setiap fase.

Yang membedakan mereka dengan pengembang besar di Indonesia adalah mereka bisa mengembangkan proyek-proyek dengan biaya sedikit lebih rendah, namun menghasilkan produk yang berkualitas lebih baik.

Meski begitu, mereka berharap untuk mendaftarkan perusahaannya di bursa efek Singapura suatu hari nanti. 

(Visited 9 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.