Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Klaim Kasus Rizieq Sudah Kelar, Jubir FPI Sontak Dibungkam Polri!

2 min read
Habib Rizieq Syihab

Habib Rizieq Syihab

Sharing is Caring

Jubir FPI Munarman menegaskan, semua perkara yang menjerat Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab sebagai tersangka kelar karena sudah mendapatkan surat penghentian penyidikan perkara (SP3).

“Jangan ada pihak-pihak lain atau provokator yang menyatakan pulang saja, nanti ditangkap atau berurusan dengan hukum,” kata Munarman Senin (15 Juli 2019).

Munarman menyebut, sejak lama pihaknya terus berjuang dan menginginkan kepulangan Rizieq ke Indonesia, bahkan sebelum pelaksanaan Ijtima Ulama I.

“Habib Rizieq bukan tidak mau pulang, tetapi Habib tidak bisa pulang karena terhalang akibat pencekalan keluar dari wilayah Saudi atas permintaan pihak kita di sini,” kata Munarman seperti dikutip okezone.com (15 Juli 2019).

Akibat pernyataannya itu, Munarman sontak dibungkam Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, sampai saat ini, masih ada beberapa kasus Rizieq yang masih berjalan dan ditangani oleh Bareskrim Polri.

Baca juga  Kalrifikasi Putra KH Maimun Zubair Soal Habib Rizieq Menyerobot Doa Di Pemakaman

“Saya sudah tanyakan ke Bareskrim tidak ada informasi seperti itu. Dari Bareskrim yang tangani beberapa kasusnya masih on progress,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).

Dedi menyebut, dalam perjalanannya memang ada beberapa kasus yang dihentikan Polri. Namun, masih ada sebagian perkara yang menjerat Rizieq hingga sampai saat ini terus berjalan.

“Saya tak hapal kasusnya yang jelas ada yang di-SP3, yang belum di-SP3 masih on progress,” tegas Dedi seperti dikutip okezone.com (16 Juli 2019).

Terkait kasus Rizieq yang masih berjalan, Dedi menyatakan masih akan berkoordinasi dengan pihak penyidik mengenai detailnya. Yang pasti, kata Dedi, pihaknya masih melakukan penyidikan beberapa perkara mengenai hal tersebut.

“Ada (kasus yang berjalan) mereka belum sampaikan detail kasusnya, berapa jumlahnya, kasusnya opo wae nanti datanya saya kasih,” kata Dedi.

Taat Proses Hukum, Tak Perlu Neka-neka

Banyak kalangan berharap Habib Rizieq Syihab dan para pengikutnya menghargai dan menaati proses hukum yang sedang berjalan. Sejumlah kasus hukum yang menjerat Rizieq diduga kuat juga merupakan buah yang dituai akibat pernyataan dan sikapnya yang dinilai kerap mengandung muatan “provokasi”.

Baca juga  Relawan Jokowi: Ada Habib Memukul Ninoy Karundeng Berkali-Kali! PA 212 Langsung Jawab Gini

Isu kriminalisasi ulama yang diduga kuat terus digelontorkan para pengikut Habib Rizieq di ruang publik pun dinilai sebagai gimmick semata.

Jika kita melacak rekam jejak Rizieq melalui jejak digitalnya dalam video yang diunggah di kanal YouTube, publik bisa menilai bagaimana kerasnya sikap Rizieq kepada kelompok lain yang dianggap tidak sepaham dan sealiran dengan dirinya dan FPI.

Dalam konteks demikian, tentu kita sepakat dengan sikap Polri yang tegas untuk tidak tunduk pada tekanan massa. Penegakan supremasi hukum harus terus berjalan lurus untuk memberikan pelajaran dan “warisan” berharga buat generasi masa depan negeri ini. Wallahu a’lam! ***

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.