Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Nah, Lho! Akhirnya MA Kembali Tolak Kasasi Prabowo Soal Kecurangan TSM! Kurang Kerjaan?

2 min read
sidang MK

sidang MK

Sharing is Caring

Seperti diprediksi banyak kalangan, akhirnya Mahkamah Agung (MA) kembali menolak kasasi Prabowo-Sandi soal dugaan kecurangan Pilpres 2019 yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM). MA menilai objek permohonan kedua Prabowo-Sandi tidak tepat.

“Mahkamah Agung (MA) hari ini, Senin, 15 Juli 2019, telah memutus permohonan pasangan capres dan cawapres H Prabowo Subianto dan H Sandiaga Salahuddin Uno sebagai pemohon, Bawaslu dan KPU sebagai termohon, dengan menyatakan permohonan pemohon tidak diterima dan membebankan kepada pemohon untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 1.000.000, (satu juta rupiah),” kata Jubir MA Hakim Agung Andi Samsan Nganro, Senin (15/7/2019).

Dalam petimbangannya, Majelis Hakim yang diketuai Hakim Agung Supandi menolak permohonan kasasi kedua Prabowo-Sandi antara lain terhadap objek permohonan II tidak tepat untuk dipersoalkan melalui sengketa pelanggaran administrasi Pemilihan Umum (PAP).

“Ini karena objek PAP berupa pembatalan penetapan pasangan calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 463 ayat (4) dan (5) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum juncto Pasal 1 angka 13 Perma Nomor 4 Tahun 2017, akan tetapi incasu keputusan dimaksud tidak pernah ada,” kata Supandi seperti dikutip news.detik.com (15 Juli 2019).

“Sedangkan terhadap objek permohonan I telah diputus oleh MA melalui putusan Nomor 1 P/PAP/2019 tanggal 26 Juni 2019 yang menyatakan permohonan pemohon ini tidak diterima, sehingga terhadap objek permohonan ini tidak relevan lagi untuk dipertimbangkan. Dengan demikian, MA tidak berwenang mengadili objek sengketa a quo, oleh karena itu, permohonan pemohon harus dinyatakan tidak diterima,” kata Supandi.

Teka-teki Kasasi Prabowo

Pengajuan kasasi Prabowo yang kedua kalinya ke MA memang sempat menimbulkan teka-teki. Sejumlah elite Gerindra memastikan bahwa pengajuan kasasi ke MA tanpa sepengetahuan Prabowo. Sementara itu, sang kuasa hukum menegaskan telah mendapatkan mandat dari Prabowo.

Terlepas dari munculnya teka-teki pengajuan kasasi ke MA tersebut yang jelas kini secara de facto dan de jure sudah ditolak. Artinya, kasasi itu hanya pekerjaan sia-sia lantaran soal kecurangan TSM sudah diselesaikan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Apalagi, sebelum pengajuan kasasi diputus MK, Prabowo sudah bertemu dengan Jokowi di Stasiun MRT Lebak Bulus Jakarta (13 Juli 2019). Itu artinya, secara tidak langsung pengajuan kasasi ke MA dinilai hanya kurang kerjaan dan cenderung iseng belaka. Itu saja! ***

(Visited 22 times, 1 visits today)
Baca juga  Apakah Prabowo Akan Datang Pada Reuni PA 212 Dua Desember Besok?

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.