Fri. Nov 27th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

7 Tempat Paling Tercemar di Seluruh Dunia, Bagaimana Indonesia?

3 min read
Sharing is Caring

Lingkungan yang bersih dan nyaman adalah apa yang diinginkan oleh kita. Namun, untuk beberapa alasan ada beberapa tempat yang tidak sesuai dengan harapan kita tersebut. Beberapa tempat sangat tercemar sehingga bukan hanya membuat kita merasa tidak nyaman, tetapi juga membahayakan karena dampak buruk yang akan ditimbulkannya..

Dan inilah beberapa tempat paling tercemar di seluruh dunia :

1. Chernobyl – Ukraina

Hasil gambar untuk chernobyl now

Bencana nuklir adalah salah satu bencana yang sangat merusak bagi lingkungan. Dan Chernobyl adalah tempat terjadinya bencana nuklir paling buruk dalam sejarah. Bencana yang terjadi pada tanggal 26 April 1986 tersebut melepaskan radiasi 100 kali lebih banyak dari bom atom hiroshima dan nagasaki. Akibatnya tempat di sekitar pabrik tidak dapat dihuni dan zona eksklusif 30 km masih berlaku.

Sampai sekarang penduduk di sana masih menunjukkan sisa-sisa bencana. Mereka mengalami berbagai macam penyakit mengerikan, seperti lesi kulit, penyakit pernapasan, infertilitas bahkan cacat lahir itu adalah hal biasa. Dari tahun 1993 sampai tahun 2002 anak-anak dan remaja di wilayah itu didiagnosis kasus kanker tiroid.

2. Dzerzhinsk – Rusia

Hasil gambar untuk Dzerzhinsk

Dzerzhinsk adalah tempat pembuatan senjata kimia utama di rusia (sampai perang dingin berakhir). Oleh karena itu berbagai macam zat kimia telah dibuang secara acak di sana dari tahun 1930 – 1998. Bahkan guinness book of record telah mencatat tempat ini sebagai “tempat paling tercemar secara kimia di dunia”.

Baca juga  5 Kota Terbengkalai yang Tenggelam di Dalam Laut

Tentu hal itu berdampak buruk bagi para penduduk di daerah tersebut. Tercatat pada tahun 2003 angka kematian di sana melebihi angka kelahiran sampai 260%. Bahkan harapan untuk hidup hanya 42 tahun.

3. Norilsk – Rusia

Hasil gambar untuk norilsk

Masih di rusia, salah satu tempat paling tercemar ini adalah kota industri yang didirikan sebagai kamp kerja paksa pada 1935. Tempat tersebut menjadi tempat peleburan logam berat terbesar di dunia. Akibatnya berbagai masalah karena tercemarnya lingkungan di sana sangatlah mengerikan.

Udara terasa seperti belerang, salju hitam, dan penyakit pernapasan yang diderita anak-anak adalah 15,8% dari semua kematian anak-anak di sana. Selain itu kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan jangka panjang juga sering terjadi. Karenanya tempat ini dianggap sebagai tempat paling tercemar di rusia.

4. La Oroya – Peru

Hasil gambar untuk la oroya

Kota La Oroya adalah salah satu kota pertambangan di peru. Pencemaran dari emisi beracun yang berasal dari pabrik Doe Run Corporation telah membuat kadar timah hitam dalam darah yang sangat tinggi pada 99% anak-anak yang tinggal di sekitar tempat tersebut. Bahkan penyakit yang berhubungan dengan paru-paru ada hal-hal yg biasa. Tingkat kematian prematur juga sangat tinggi karena gas beracun.

Baca juga  Bisakah 7 Kalimat Bijak Ini Menginspirasimu?

5. Tianying – China

Hasil gambar untuk tianying

Produksi timbal di tempat ini adalah salah satu yang terbesar di China. Tapi, teknologi tingkat rendah, operasi ilegal dan kurangnya langkah-langkah pengendalian telah membuat berbagai masalah. Masalah yang menjadi masalah serius dari tempat ini adalah pencemaran dari konsentrasi timbal rata-rata di udara dan tanah 8,5 kali dan 10 kali standar kesehatan nasional.

Itu menyebabkan penduduk di sana menderita keracunan timbal. Selain itu beberapa dampak buruk seperti rentang hidup yang pendek, ketidakmampuan belajar, hiperaktif, gangguan pertumbuhan fisik, masalah pendengaran dan penglihatan, sakit perut, iritasi, usus besar, kerusakan fungsi ginjal, anemia dan masalah otak menghinggapi daerah tersebut sampai-sampai tanaman dan gandum lokal petani juga terkontaminasi timbal.

6. Linfen – China

Hasil gambar untuk linfen

Masih di negara China, industri di negara ini telah membuat beberapa kota sangat tercemar. Menurut bank dunia 16 dari 20 kota tercemar di dunia berada di Tiongkok. Yang salah satunya adalah Kota Batubara ini.

Linfen sendiri adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Shaanxi di china. Tercatat jika kota ini memiliki kualitas udara paling buruk di China. Hal itu salah satunya diakibatkan industri batubara yang besar bahkan termasuk jantungnya di Cina. Namun karena itulah kualitas udara di sana sangat buruk bahkan para penduduk mengatakan mereka benar-benar tersedak debu batubara di malam hari.

Baca juga  8 Jembatan Keren dan Terunik yang ada di Dunia

7. Sumgayit – Azerbaijan

Hasil gambar untuk sumgayit

Sebagai pusat industri utama Soviet, tempat ini telah melepaskan 70.000 ton sampai 120.000 ton emisi berbahaya setiap tahunnya. Apa apa yang telah dibuang sembarangan di sana adalah lumpur yang terkontaminasi dan limbah yang tidak boleh diolah. Dan karena hal itu berbagai masalah menghinggapi penduduk, seperti persentase bayi yang lahir prematur sangat tinggi dan cacat genetik.

Walaupun indonesia tidak ada di dalam daftar ini bukan berarti bahwa pencemaran lingkungan tidak terjadi. Bahkan pada dasarnya dampak dari pencemaran tersebut sudah terasa selama bertahun-tahun contohnya banjir.

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dan itu menyebabkan penanganan sampah, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan berbagai sungai yang tercemar sulit untuk dikendalikan. Karena hal itu bukan satu atau dua lembaga yang harus berpartisipasi untuk lingkungan, tetapi semua penduduk yang menikmatinya. Jika kita tidak menjaganya, berarti kita tidak berhak untuk memanfaatkannya.

(Visited 65 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.