Fri. Dec 4th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Raja Pertama yang Merupakan Mitos

2 min read
Sharing is Caring

Raja memainkan peran penting dalam cara rakyatnya membentuk identitas budaya mereka. Mesir, Cina, dan negara-kota Sumeria adalah contoh dari beberapa monarki tertua.

Raja Pertama Mesir

Menurut sejarawan dan pendeta Mesir Manetho, raja pertama Mesir adalah seorang pria bernama Menes. Menes dikatakan telah menyatukan Mesir bagian atas dan bawah. Dia juga dikatakan telah mendirikan kota Memphis. Selain itu, ia dipercaya telah membangun kota-kota lain, membangun tanggul, dan memperkenalkan tulisan.

The Long Rein of the Kings of Sumer

Negara-kota Sumeria mewakili peradaban urban pertama yang sesungguhnya. Mereka berkembang dari sekitar 2750 SM hingga sekitar 2000 SM. Catatan orang Sumeria dikenal dengan daftar raja yang luas. Daftar raja-raja Sumeria menyerupai silsilah, karena dimulai dengan delapan raja dengan rentang hidup yang sangat panjang diikuti oleh banjir besar. Setelah banjir, usia mereka berangsur-angsur turun dari 1200 tahun menjadi sekitar 300 hingga 500 tahun dan akhirnya ke rentang hidup manusia yang lebih umum. Raja pertama dalam Daftar Raja Sumeria adalah Alulim, raja Eridu, kota pertama menurut bangsa Sumeria kuno. Alulim memerintah selama 28.800 tahun. Penggantinya, Alalgar, memerintah lebih lama lagi, 36.000 tahun.

Baca juga  5 Kisah Agama Islam dan Kristiani yang Paling Keren

Penguasa Dewa Tiongkok

Dinasti Tiongkok tertua yang dianggap bersejarah oleh sebagian besar arkeolog dan sejarawan adalah Dinasti Shang yang berlangsung dari 1600 SM hingga 1046 SM. Dua dinasti semi-mitos ini dikatakan telah mendahului Dinasti Shang. Dinasti pertama adalah dinasti Tiga Penguasa dan Lima Kaisar.Tiga Penguasa adalah tokoh seperti dewa yang diyakini sebagai penguasa Cina paling awal. Mereka diyakini telah memperkenalkan dasar-dasar peradaban. Seperti raja-raja Sumeria sebelum banjir, mereka memiliki rentang hidup yang sangat panjang.Yang pertama dari Tiga Penguasa adalah Fu Xi. Setelah banjir besar menghancurkan dunia, Fu Xi dan istrinya dipilih oleh Kaisar Surga untuk kembali mengisi bumi.

Kaisar Cina

Baca juga  Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional? Begini Sejarahnya!

Dinasti Xia dikatakan didirikan oleh Kaisar Yu Agung, bersama dengan Yao dan Shun. Awalnya, Dinasti Xia dianggap mitos, tetapi bukti arkeologis peradaban perkotaan di Cina antara tahun 2100 SM dan 1600 SM diyakini sebagai bukti historisitas dari Dinasti Xia. Dinasti Xia dikatakan telah didirikan setelah banjir menghancurkan lembah Sungai Kuning.

Penguasa Legendaris dari suku Aztec

Benua Amerika juga memiliki monarki termasyhur. Salah satu contoh berasal dari suku Aztec. Topiltzin Quetzalcoatl, menurut legenda Aztec, adalah seorang imam-raja Toltec. Dia adalah raja yang sangat saleh yang melakukan ritual penebusan dosa bagi rakyatnya, yang memungkinkan mereka untuk makmur. Dia juga menentang pengorbanan manusia, dengan mengatakan bahwa orang-orang harus mengorbankan burung, ular, dan kupu-kupu sebagai gantinya.

Baca juga  Ditangkap Karena Narkoba, Identitas Lucinta Luna dan Sang Pacar Terkuak, Tak Bisa Mengelak
(Visited 45 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.