Mon. Jul 6th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Walikota ini Nyamar Jadi Warga Cacat Demi Pantau Kinerja Bawahan. Hasilnya Mengecewakan

2 min read
Sharing is Caring

Halo sahabat Kopi17, jika ada pemimpin yang mau mendengarkan aduan masyarakat dan memperjuangkan hak rakyat tentulah kita akan sangat berbangga dan bahagia.

Hal inilah yang dilakukan seorang walikota di Meksiko. Ia menerima banyak pengaduan dari masyarakat, khususnya para penyandang difabel, bahwa stafnya melakukan diskriminasi dan perlakuan buruk.

Tak percaya begitu saja, sang walikota menyusun rencana dan melakukan aksi penyamaran untuk membuktikan kinerja stafnya, terutama pegawai yang menangani masalah sosial.

Carlos Tena, sang walikota mengunjungi kantor dinas sosial setempat dengan samaran yang tak mudah dikenali. Dia mengenakan sweater tebal, menutupi sebagian wajahnya dengan kacamata, mengenakan topi abu-abu, serta perban di telinga kirinya. Ia bahkan datang dengan menggunakan kursi roda.

Baca juga  Kirain Cuma Vakum, 5 Artis FTV ini Ternyata Sudah Almarhum, No 3 Jasadnya Dikubur Membusuk

Setelah masuk ke Direktorat Pembangunan Sosial, walikota yang menyamar ini meminta bantuan. Ia menuntut haknya berupa makanan gratis untuk orang cacat dan warga miskin. Namun, ia justru diabaikan dan mendapat perlakuan buruk.

Tak menyerah, ia mengunjungi kantornya sendiri dan meminta bertemu langsung dengan sang walikota. Namun, salah satu stafnya memberitahu bahwa walikota tidak berada di tempat.

Ia pun meminta bertemu dengan sekretaris dewan kota, sayangnya lagi-lagi ia diperlakukan kasar dan disuruh menunggu di lorong hingga satu jam setengah tanpa hasil apa-apa.

Merasa cukup dengan temuan di lapangan, sang walikota turun dari kursi roda dan melepas semua penyamarannya. Ia kini seratus persen percaya bahwa aduan masyarakat yang diterimanya adalah benar, dan rekan kerja serta stafnya lah yang melakukan kesalahan.

Baca juga  7 Kekonyolan ini Gak Jelas Banget. Nomor 5 Bikin Kesel

Terang saja, staf balai kota kelimpungan tertangkap basah melakukan pelayanan yang buruk.

Sebagai walikota, Tena telah menunjukkan sikap yang semestinya. Ia tak menerima aduan begitu saja tapi juga tidak mengabaikannya. Tena dikenal sebagai orang yang memperjuangkan perlakukan sama pada mereka yang kurang beruntung secara sosial. Membantu mereka selama dia memiliki kekuasaan, bahkan dia rela menyamar demi mengetahui realitas sebenarnya.

Semoga sikap ini menjadi inspirasi bagi seluruh pemimpin di negeri kita tercinta.

Bagaimana menurut sahabat Kopi17?

(Visited 16 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.