Wed. Jul 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah Keunikan Suku Sunda yang Tidak Dimiliki Suku Lainnya

2 min read
Sharing is Caring

Seperti yang kita tahu, negara kita tercinta adalah negara sejuta keragaman. Mulai dari Suku, budaya, agama dll.

Nah, di indonesia terdapat suku yang dikenal dengan watak lemah lembutnya yaitu suku Sunda. Suku sunda memiliki ciri khas yang membedakannya dari suku-suku lainnya, mulai dari tekstur wajah, sifat, maupun gaya bahasanya.

Sifat-sifat yang melekat dalam diri orang sunda menjadi keunikan tersendiri ketika mereka berbaur dengan masyarakat lainnya.

Ramah, Sopan dan Pastinya Murah Senyum

“Soméah Hade ka Sémah” yang artinya ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap tamunya atau setiap orang. Mungkin itu filosofi yang menggambarkan orang sunda.

Baca juga  Inilah Cara Mudah Membedakan Orang Sok Pintar Dengan Orang Pintar Sungguhan, Simak!

Menjunjung tinggi nilai kesopanan, kebersamaan, baik terhadap sesama, mungkin itu sudah menjadi budaya yang mengakar pada diri setiap orang sunda.

Lucu dan Humoris Pisan

“Suku humoris” mungkin itu sebutan buat orang sunda. Selera humor orang sunda itu tinggi, mereka kadang bisa membuat suasana yang serius menjadi penuh tawa.

Selain itu, banyak sekali banyolan-banyolan dalam bahasa Sunda. Seperti cangehgar, Bodoran wayang golek, Dongeng-dongeng sunda, lawakan kang Ibing, Si Ijem, Lawakan Ohang yang dapat membuat hidup orang sunda penuh dengan senyum dan Ceramah Jujun. 

Gak Bisa Membedakan Huruf F dan P

Meski tidak semua orang sunda demikian, ta[I tidak bisa dipungkiri bahwa orang sunda dikenal susah membedakan/ngomong huruf F dan P.

Baca juga  Ada yang Aneh dalam 8 Foto Lucu ini, Cuma Orang Teliti yang Bisa Menemukannya

Penjelasan ilmiah mengatakan mengapa orang sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V?. Karena huruf tersebut tidak dikenal didalam aksara pada sunda (Kaganga) pada zaman dahulu dan hal ini sudah menular dari dulu dan mungkin sudah menjadi kebiasaan.

Dilarang Menikah Sama Orang Jawa? Kenapa Ya?

Ada kebiasaan atau mitos orang dulu yang mengatakan bahwa jika suku jawa dan suku sunda di persatukan dalam ikatan pernikahan, hubungan mereka tidak akan langgeung.

Perang Bubat yang terjadi antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran di zaman dahulu inilah yang terkadang menyebabkan orang tua sunda melarang menikah dengan orang jawa.

Bahasa Sunda Banyak Kosakata!

Saking banyaknya kosakata di dalam bahasa sunda, sampai – sampai tidak bisa diterjemahkan. Meskipun diterjemahkan artinya akan semakin aneh – aneh saja.

Baca juga  Agar Tak Menyesal Nanti, Bahagiakan Orangtua dari Sekarang! Kamu Bisa Lakukan Cara ini
(Visited 925 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.