Sat. Dec 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Patung Tertinggi di Dunia, Ada yang dari Indonesia!

3 min read
Sharing is Caring

Sudah bukan hal aneh lagi jika karya seni berupa patung sering di jadikan landmark atau ikon suatu negara. Bahkan, hampir di semua negara di dunia setidaknya memiliki beberapa patung yang di letakkan di tempat umum untuk mempercantik penampilan suatu daerah, berbagai bentuk dan ukurannya yang berbeda-beda bisa memberikan kesan tersendiri bagi orang-orang yang melihat patung tersebut.

Selain itu, patung juga dibuat untuk berbagai tujuan. Ada yang dibuat sebagai tanda penghormatan kepada seorang tokoh, peringatan tentang suatu perisiwa, lalu ada juga yang memang sengaja dibuat sebagai pajangan saja. Secara umum, patung dibuat untuk menciptakan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin dan bisa dinikmati oleh berbagai generasi.

Di antara patung-patung yang ada di dunia, beberapa diantaranya diketahui memiliki ukuran yang sangat tinggi, tidak kalah dengan gedung pencakar langit! Patung-patung tersebut memang diakui sebagai patung tertinggi di dunia, berikut rangkumannya.

Baca juga  Jadilah Dermawan dengan 5 Cara Sederhana Ini, Kamu Harus Mencobanya

Spring Temple Buddha – Tiongkok

Hasil gambar untuk spring temple buddha

Urutan pertama patung tertinggi di dunia berada di Lushan, Tiongkok. Ukurannya yang mencapai 153 meter termasuk 20 meter alas bunga teratai, dan 25 meter pondasi patung. Jika dihitung ukuran patungnya saja, Spring Temple Buddha tetaplah menjadi yang tertinggi di dunia dengan ukuran 128 meter! Patung ini dibangun pada tahun 2002, setelah pembangunannya selesai, patung Buddha berwarna emas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Setiap tahunnya ada jutaan pengunjung yang sengaja datang hanya untuk melihat patung paling tinggi yang pernah dibangun peradaban manusia ini.

Laykyun Setkyar – Myanmar

Hasil gambar untuk laykyun setkyar

Laykyun Setkyar memiliki tinggi total mencapai 130 meter, patung Buddha Gautama ini berlokasi di Monywa, Myanmar. Jika hanya dihitung patungnya saja tanpa alas, patung ini memiliki tinggi 116 meter, patung tersebut berada di kawasan yang sama dengan patung Reclining Buddha. Kedua patung Buddha itu sama-sama memiliki ukuran yang sangat besar.

Baca juga  13 Postingan Gambar Tersebar Luas Diinternet Ini Bikin Kamu Pengen Ketawa Sepanjang Hari

Garuda Wisnu Kencana (GWK) – Indonesia

Hasil gambar untuk garuda wisnu kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana atau patung GWK yang berada di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali adalah patung tertinggi ketiga di dunia. Pembangunan Patung GWK baru selesai pada awal Agustus ini setelah melewati proses panjang selama 28 tahun! Patung GWK memiliki tinggi mencapai 121 meter dari atas tanah dan menurut kabar yang beredar, patung ini akan menjadi ikon baru Republik Indonesia!

Ushiku Daibutsu – Jepang

Hasil gambar untuk ushiku daibutsu

Patung Ushiku Daibutsu berada di kawasan Ushiku, Prefektur Ibaraki, Jepang. Tinggi patung ini hanya berbeda tipis satu meter dengan patung GWK, yaitu 120 meter. Patung ini dibangun pada tahun 1993 dengan warna abu-abu gelap, di kelilingi taman yang penuh dengan bunga yang sangat cantik. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung menyaksikan indahnya pemandangan patung tersebut.

Baca juga  3 Produk yang Sempat Dicekal Pemerintah Karena Komposisinya

Patung Liberty – Amerika Serikat

Hasil gambar untuk liberty statue

Statue of Liberty menempati urutan ke 5 sebagai patung tertinggi dengan ukuran total mencapai 93 meter. Patung ini terletak di Pulau Liberty, di wilayah muara Sungai Hudson, New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini adalah hadiah yang diberikan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19, simbol selamat datang untuk para pengunjung, imigran dan orang-orang Amerika yang telah kembali pulang ke negaranya. Patung bersejarah ini terbuat dari bahan dasar perunggu dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886.

(Visited 56 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.