Thu. Jul 16th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Kebiasaan Sehat yang Justru Berbahaya bagi Kesehatan

3 min read

young beautiful woman sleeping and smiles in his sleep in bed

Sharing is Caring

Berbagai iklan di televisi seringkali mempromosikan suatu produk beserta kebiasaan yang katanya menyehatkan, tapi apakah benar demikian? Seperti anjuran konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, iklan air putih botolan tiada hentinya mendengungkan ajakan untuk memenuhi cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

Menurut para ahli, hal ini sebenarnya tidak tepat lho, lantas hal apa saja yang kita kira sebagai kebiasaan sehat tapi hasilnya malah sebaliknya? Mari kita simak pada artikel di bawah ini:

6. Kebiasaan Tidur siang

Hasil gambar untuk sleep

Tidur siang sepertinya sangat bagus untuk kesehatan. Akan tetapi menurut jurnal kesehatan yang dipublikasi academic.oup.com menjelaskan bahwa tidur siang dapat menyebabkan gangguan jantung. Bersamaan dengan itu, tidur siang dalam waktu lama dapat berpengaruh pada penurunan kemampuan ingatan dan fungsi otak.

5. Berkumur menggunakan air setelah sikat gigi

Hasil gambar untuk gargling

Loh kok bisa?

Baca juga  Jangan Sepelekan, 5 Pertolongan Pertama yang Harus Dihindari Pemula

Yup jadi sebenarnya banyak dokter gigi mengkritisi kebiasaan yang satu ini. Menurut penelitian yang dipublikasi publimed.gov (09/2002) yang diteliti di Kaunas University of Medecine. Ketika kamu menyikat gigi dengan pasta gigi, maka gigimu akan terlindungi oleh lapisan flourine, tapi karena kebiasaan kita berkumur dengan air maka lapisan tersebut dengan mudah terbasuh oleh air.

Untuk mendapatkan hasil yang positif dari kebiasaan menyikat gigi, gunakan cairan khusus pencuci mulut bebas alkohol.

4. Konsumsi vitamin

Hasil gambar untuk vitamin pills

Berkat iklan kita pasti tahu bahwa vitamin sangat penting bagi tubuh dan apabila kita kekurangan vitamin akan menyebabkan masalah tertentu. Akan tetapi apakah kalian tau kalau kebanyakan dosis vitamin juga sama bahayanya?

Peneliti menemukan bahwa mereka yang sering mengonsumsi vitamin dari memiliki kebiasaan pola hidup yang buruk akan memiliki kemungkinan 46 % terserang penyakit berbahaya daripada mereka yang tidak mengonsumsi vitamin.

Baca juga  Ternyata ini yang Menyebabkan Perokok Sering Mengalami Batuk dan Cara Mengatasinya

Maka sebaiknya sebelum ingin mengonsumsi vitamin tertentu, berkonsultasilah ke dokter.

3. Bersih-bersih setiap hari dan setiap saat

Hasil gambar untuk brooming kitchen

Membersihkan rumah setiap hari merupakan kebiasaan yang baik, akan tetapi lain lagi ceritanya jika kalian sering membersihkan rumah dengan cairan pembersih pada pel kalian atau cairan semprot pada jendela.

Zat yang digunakan pada cairan pembersih dalam dosis besar paparannya akan menyebabkan iritasi pada mata, pusing, dan gangguan pernapasan. Lebih baik kalian mulai melakukan jadwal bersih bersih setiap sekali sampai 3 kali dalam seminggu saja sudah cukup.

2. Mengenakan sandal jepit

Hasil gambar untuk sandals jepit

Banyak orang berpikir mereka merasa nyaman menggunakan sandal jepit setelah seharian mengenakan sepatu dalam beraktivitas. Akan tetapi, para peneliti dari National Foot Institute membantah hal ini.

Baca juga  5 Ciri Orang Yang Memiliki EQ Rendah. Apa Salah Satu Cirinya Ada di Kamu?

Menurut pakarnya, menggunakan sandal jepit sebenarnya tidak memberikan posisi yang baik pada kaki saat berjalan di tempat yang rata.

Tapi sandal jepit cocok digunakan ditempat yang tidak rata seperti berjalan diatas rumput atau pasir.

1. Meminum terlalu banyak air

Hasil gambar untuk too much drinking water

Nah lo, kok bisa? Sering kalian mendengar bahwa kita harus minum 8 gelas air perhari, tapi untuk kadar yang cukup dan tidak berlebihan saja ya.

Para peneliti menjelaskan bahwa terlalu banyak meminum air akan memberikan masalah pada fungsi ginjal dan pembengkakan otak.

Selain itu terlalu banyak meminum air akan menurunkan kadar electrolytes pada tubuh, sehingga dapat menyebabkan rasa lemas dan dampak paling parah adalah terkena hypotermia.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.