Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Penyakit Langka Bisa jadi Super Hero

3 min read
Sharing is Caring

Ketika berbicara soal penyakit, kita pasti berpikir tentang kondisi fisik yang tidak nyaman disertai rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Tapi pada situasi tertentu, sebuah penyakit tidak memberikan kerugian bagi penderitanya, bahkan bisa memberikan sebuah kekuatan super lho!

Mau tau penyakit apa saja yang bisa membuat penderitanya seakan memiliki kekuatan super power layaknya pahlawan? Simak pada artikel dibawah ini.

5. Tidak merasakan sakit sama sekali

Sources : www.brainz.org/rare-diseases/

Bukan berarti orang seperti ini memiliki ilmu kebal lho. Congentinal analgesia adalah suatu keadaan diaman seseorang tidak dapat mersakan sakit secara fisik. Kasus ini sangatlah langka didunia, hanya tercatat sebanyak 40 kasus saja sampai saat ini.

Mungkin kamu akan mengira bahwa setiap pahlawan super pasti memiliki kondisi seperti ini. Tapi bahanya apabila kamu memiliki penyakit ini adalah kamu tidak bisa merasakan sakit sama sekali didalam tubuhmu, sehingga kamu tidak akan tau apa bila kamu ternyata memiliki penyakit didalam tubuhmu seperti tumor atau kanker yang dampaknya sangat berbahaya.

Apabila terjadi pada anak-anak akan berakibat lebih fatal. Pasalnya mereka bisa saja melukai diri meraka, melukai kornea mata, tidak sengaja menggigit lidah, hingga tidak merasakan sakit karena tulang mereka patah.

Baca juga  Emak-Emak Rajin Mengoleskan Ramuan Ini di Wajah, Hasilnya Bikin Melongo dan Takjub

4. Tidak merasakan dingin

Sources : https://www.saunatimes.com/wp-content/uploads/Wim-Hof.jpg

Wim Hof adalah orang Jerman yang mengalami syndrom aneh ini, dia mengaku tidak pernah merasakan dingin hingga membuat para dokter bingung untuk menjelaskan fenomena ini. Wim menunjukan kemampuannya dengan berenang di dalam danau beku, mendaki gunung Mont Blanc hanya dengan celana pendek saja, dan berendam didalam es selama 2 jam. Tapi dia tidak merasakan dingin sama sekali.

Wim mengaku bahwa kemampuan ini dia dapatkan dari latihannya sehari-hari.

3. Kemampuan untuk melakukan apa saja

Sources : https://az616578.vo.msecnd.net/files/2016/09/26/636104454663896783-990164333_90b6fadf-718a-43ce-8839-4f36346d450b.jpg

Jika seseorang memiliki hal ini pastinya akan seperti sebuah anugrah, tapi tahukan kamu bahwa penyakit ini disebut savant syndrome? Syndrome ini menyebabkan perkembangan jaringan syaraf seseorang mengalami kelainan seperti halnya syndrom asperger dan autisme.

Orang-orang yang memiliki kemampuan ini sangat bertalenta dengan musik, bisa melukis dengan indah, pandai berhitung, bisa menggambar peta, dan dengan mudah mendesain bangunan 3 dimensi.

Yang paling mengangumkan adalah para penderita savant syndrom dapat menghitung perkalian dengan 3 digit angka atau dapat melakukan kalkulasi kalender.

Baca juga  3 Mahluk Misterius dalam Mitologi Indonesia

Kamu pasti akan mengira orang dengan savant syndromeadalah orang yang genius yang pandai dalam segala hal. Akan tetapi jangan salah, bahwa beberapa orang ini mengalami retardasi mental yang membuatnya tampak ketakutan ketika berjumpa dengan orang asing. Contoh dari orang dengan savant syndrome adalah tokoh Forest Gump pada film Forrest Gump yang ditayangkan pada tahun 1994.

2. Tidak memiliki ketakutan sama sekali

Penyakit yang pertama ini menyebabkan penderitanya akan kehilangan rasa takutnya. Si penderita tidak akan merasakan perasaan berbahaya kapanpun dan dimanapun dia berada. Hanya tercatat 300 kasus orang yang memiliki syndrom Wiethe ini didunia.

Bahkan para peneliti sempat menguji tentang penyakit ini dengan memberikan penderita hewan berbisa seperti ular, laba laba, memperlihatkan film horor, hingga menguncinya didalam rumah angker. Tapi semua percobaan tersebut tidak berhasil menimbulkan rasa takut penderita.

Mungkin efek samping dari syndrom ini adalah kepekaan terhadap rasa berbahaya manusia akan hilang sehingga jika terjadi sesuatu yang benar-benar berbahaya dapat menyebabkan si penderita lebih lambat mengambil tindakan.

Baca juga  7 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan, Cegah Anemia Hingga Penyakit Kanker!

1. Ingatan super

Sources: http://cdn.newsapi.com.au/image/v1/c489c385c531760ac1f1b6c7c35a1177

Kelainan ini disebut dengan Hyperthymesia dimana si penderita akan mengingat setiap detail pengalaman yang dia rasakan seumur hidupnya. Sejauh ini hanya tercatat 60 orang didunia yang memiliki kemampuan ini. Si penderita mampu mengingat segala hal detail tentang hidupnya, mereka dengan mudah mengingat kejadian waktu masih kecil. Mereka dapat menceritakan kembali buku yang telah mereka baca bertahun-tahun lalu dengan tepat tanpa kesalahan kata dan mampu membacakan berita di koran yang tiap hari penderita baca.

Sayangnya orang yang menderita hal seperti ini akan kesulitan untuk melakukan kebohongan karena mereka tidak dapat dimanipulasi ingatannya. Mereka mengingat segalanya.

Dilansir dari bbc.com (08/11/17) seorang penulis buku Rebecca Sharrock dari Australia mengingat dengan persis kejadian dia tidur dengan selimut pink pada usia 7 tahun. Ingatannya begitu unik, Rebecca mampu menceritakan kembali isi buku novel Harry Potter tanpa satu katapun terlupakan. Akan tetapi dia tidak menganggap Hyperthymesia sebagai sebuah “anugrah”, dia sering mengeluhkan sakit kepala berlebihan, insomnia, dan mudah lelah.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.