Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Kesalahan Setiap Kita Sikat Gigi

2 min read
Sharing is Caring

Sebagai bagian tubuh paling penting untuk mengunyah makanan dan menjaga penampilan wajah, gigi sangatlah penting untuk dirawat. Bahkan hanya dengan menyikatnya saja tidaklah cukup lho.

Berikut ini adalah 5 kesalahan kita dalam merawat gigi kita dan bagaimana cara mengatasinya :

5. Tidak memilih makanan yang dimakan

Referensi pihak ketiga

Kita tahu kalau mengonsumi terlalu banyak makanan yang manis akan menyebabkan lubang pada gigi. Akan tetapi, agar gigi kita tetap sehat maka kita perlu memakan makanan yang mengandung kalsium, fosfor, dan flourin.

Berikut rekomendasi makanan yang sehat untuk gigi:

Makanan yang mengandung kalsium:

  • Susu
  • Kulit pada buah dan sayuran
  • Ikan
  • Biji-bijian

Makanan yang mengandung fosfor:

  • Ikan
  • Sereal
  • Kacang-kacangan

Kita biasanya mendapatkan asupan flourin yang cukup dari air putih yang kita minum, tapi apabila ditempatmu sulit untuk mengkonsumsi air maka kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung flourin seperti susu dan garam.

Baca juga  4 Kota Rahasia Yang Sengaja Disembunyikan Dari Dunia

4. Tidak merawat kesehatan gusi

Jika gusimu lemah dan tidak mendapatkan suplai darah yang cukup, hal ini akan menyebabkan penyakit periodontitis. Penyakit ini dapat menyebabkan gusi mudah terluka, sehingga dapat membuat gigimu mudah lepas.

Untuk membuat gusimu lebih kuat, kamu perlu memijitnya dengan sikat gigi atau jarimu dengan gerakan melingkar. Memakan makanan yang keras dan mengunyahnya serata mungkin juga menjadi solusi yang mudah untuk memperkuat gusi.

Kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan siwak agar gusimu tetap kuat.

3. Khusus perokok, tidak membersihkan tar pada gigi

Biasanya hal ini terjadi pada gigi seorang perokok, karena asap rokok mengandung Tar yang melewati gigi. Maka zat tar ini mengendap di gigi, terutama menimbun di bagian belakang gigi hingga membuatnya malas dan susah dibersihkan.

Baca juga  Inilah 9 Tanda Ginjal Kamu Sudah Rusak yang Harus Diwaspadai

Jika kamu tidak terbiasa membersihkan tar pada gigi maka tar akan mengeras dan harus dibawa ke dokter gigi menggunakan alat khsus untuk membersihkannya.

2. Mengunyah makan dengan satu sisi gigi saja

Mengunyah makan sebenarnya memiliki mekanisme membersihkan gigi juga lho. Jadi jika kamu hanya mengunyah dengan satu sisi saja maka sisi lain akan lebih rawan untuk berlubang dan membusuk.

Selain itu, mengunyah makanan hanya satu sisi saja hanya akan membuat rahang pada sisi tersebut lebih kuat dan tebal, akibatnya penampilan muka menjadi tidak simetris.

1. Tidak mengajarkan anak-anak untuk merawat kesehatan gigi

Sebagian orang tua berpikiran bahwa tidak perlu sama sekali untuk merawat gigi susu pada anak karena mereka hanya sementara saja.

Baca juga  5 Hal Kontroversial Tentang Masa Depan

Tapi anak seharusnya diajarkan mana yang baik dan mana yang salah karena mungkin saja gigi akan berganti tapi kebiasaan akan tetap. Kebiasaan menggosok gigi setidaknya 3 menit dengan gerakan keatas dan kebawah.

Enamel pada gigi permanen anak memang tidak sekuat pada orang dewasa. Lalu lekukan pada gigi graham mereka lebih dalam sehingga sisa-sisa makanan lebih susah dibersihkan. Maka dari itu ajarkanlah anak-anak supaya menggosok gigi dengan lebih berhati-hati.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.