Thu. Jul 9th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Kebiasaan yang Bikin Otakmu Kerdil Hingga Rusak!

2 min read
Sharing is Caring

Mirip dengan anggota tubuh lainnya, otak juga tidak bisa terhindari dari kerusakan. Kerusakan otak bisa terjadi karena faktor dari luar dan juga faktor kebiasaan dari orang itu sendiri.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang tidak terduga yang bisa merusak otak manusia secara perlahan.

5. Kurang berkomunikasi

Studi yang dilakukan di Universitas Michigan menunjukan setidaknya melakukan komunikasi selama 10 menit perhari dapat meningkatkan kemampuan mentalmu. Tidak melelu harus keluar dan berbicara secar langsung, bisa saja lewat telepon ke teman atau keluargamu.

4. Kebanyakan gula

Menurut penelitian, mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak dapat memengaruhi bagian neurotropik pada otak yang bertanggung jawab untuk memproduksi neuron. Secara khusus, bagian otak ini berfungsi untuk menyimpan informasi ingatan jangka panjang dan proses pembelajaran.

Baca juga  Teknologi Canggih ini Dapat Membuat Manusia Hidup Abadi

3. Kurang latihan otak

Menurut penelitian, puncak produktifitas manusia adalah pada umur 16-25 tahun, setelahnya, perlahan akan menurun. Akan tetapi. Penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa latihan otak secara rutin (membaca, memecahkan puzzle, bermain video game) dapat meningkatkan performa otak secara signifikan, hal ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami dementia ringan.

2. Tidak sarapan

Studi menunjukan bahwa anak yang melakukan sarapan secara rutin memiliki nilai yang lebih baik di sekolah, terutama di mata pelajaran sains. Tidak melakukan sarapan dapat menurunkan tingkat glukosa dalam darah, yang selanjutnya berdampak negatif pada fungsi otak akibat kekurangan asupan glukosa/gula.

1. Menutup kepala ketika tidur

Ketika kamu tidur dan menutupi kepalamu dengan selimut, kamu mengurangi asupan oksigen yang masuk kedalam tubuh, selanjutnya kamu hanya akan menghirup karbon monoksida. Sehingga akan terjadi reaksi pusing akibat kurangnya oksigen yang masuk ke otak.

Baca juga  Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker

Bonus : Dehidrasi

Faktanya, hampir 70-80% otak manusia terdiri dari air. Lalu air juga berperan penting untuk mengirimkan beberapa zat penting untuk otak. Otak dapat bekerja dengan normal apabila tidak kekurangan H20

(Visited 80 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.