Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Sayur Kol Goreng, Sehat Atau Berbahaya? Berikut Penjelasannya

2 min read
Sharing is Caring

Halo sobat Kopi17 sekalian, pernakah kalian mencoba sayur yang digoreng? seperti kol. Jika kalian pernah mencoba, mungkin rasanya enak dan sedikit gurih, namun, masalahnya adalah, makanan yang digoreng dikenal luas kurang baik bagi kesehatan. Tapi bagaiman jika sayur digoreng? berikut penjelasannya.

Bahwa sayur yang di goreng memiliki 3 dampak yang bisa terjadi di dalam sayur itu sendiri, seperti :

1.Sayuran memiliki kandungan lemak yang tinggi

Proses penggorengan sayur yang memakai cara deep frying akan membuat sayuran menyerap minyak dalam jumlah yang sangat tinggi. Maka jika mengonsumsi sayur goring seperti kol goreng, bisa dipastikan bahwa kita mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah yang sangat banyak.

Baca juga  Pantesan Bukan Empat Mata Tukul Arwana Dibubarkan, Ternyata ini Penyebabnya

Bahkan jika sayuran ini juga diberi tambahan tepung, maka akan memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi. Dampaknya maka bisa membuat risiko terkena penyakit jantung, hipertensi, dan kanker akan meningkat.

2. Kandungan vitamin dan mineral di dalam sayur akan rusak

Apabila proses pengolahan sayur dengan metode deep frying atau direndam di dalam minyak ternyata bisa merusak kandungan vitamin dan mineralnya. Apabila kita bandingkan dengan kondisi sayur segar, maka hal itu berbanding terbalik dengan sayur setelah di goreng. Beberapa kandungan di dalam sayuran yang akan mengalami kerusakan atau penurunan jumlah dengan signifikan setelah digoreng adalah vitamin A, vitamin E, dan beta karoten.

Baca juga  Gak Ketawa Gak Normal, 10 Foto Konyol ini Bikin Nyengir Kuda, Sekali Lihat Auto Ngakak Part 2

3. Sayuran akan mengalami perubahan kimiawi

Seperti yang kita ketahui, bahwa menggoreng sayur dengan minyak umumnya membutuhkan suhu yang sangat tinggi. Hal ini akan memicu perubahan kimiawi pada sayuran dan minyak sehingga akan terbentuk senyawa seperti sulfur, amina, dan akrilamida. enyawa-senyawa ini berpotensi menjadi racun bagi tubuh. Bahkan, jika minyak yang dipakai adalah minyak jelantah, tentu kandungan antioksidan di dalam sayuran akan rusak dan menyebabkan kolestrol yang sangat buruk bagi tubuh.

Itulah 3 hal yang harus diketahui ketika menggoreng sayur, sebaiknya dihindari agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, lebih baik mengolah sayur dengan cara lain saja yang lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Baca juga  7 Benda dan Tempat paling Jorok di Rumah Sakit dan Praktek Dokter
(Visited 12 times, 1 visits today)