Thu. Dec 3rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inikah 7 Asal Kehidupan di Bumi?

3 min read
Sharing is Caring

Kehidupan Bumi di mulai lebih dari 3 miliar tahun yang lalu, berkembang dari mikroba yang paling mendasar menjadi susunan lebih rumit dari waktu ke waktu.Tapi bagaimana organisme pertama di satu-satunya yang diketahui hidup di alam semesta akhirnya berkembang ke berbagai macam organisme kompleks? Ini lah 7 teori asal muasal kehidupan versi sains.

Electric spark

Petir mungkin telah memberikan percikan yang diperlukan untuk memulai kehidupan.

Electric spark atau percikan listrik dapat menghasilkan asam amino dan gula dari atmosfer yang penuh dengan air, metan, amonia dan hidrogen, seperti yang ditunjukkan dalam eksperimen Miller-Urey (1953), menunjukkan bahwa petir mungkin telah membantu menciptakan kunci kehidupan di Bumi di hari-hari awal.

Selama jutaan tahun, molekul yang lebih besar dan kompleks akhirnya terbentuk.

Molekul kehidupan bertemu di tanah liat

Baca juga  5 Virus Mematikan yang Datang dari Luar Angkasa

Molekul kehidupan pertama bertemu di tanah liat, menurut sebuah ide yang diuraikan oleh ahli kimia organik Alexander Graham Cairns-Smith di Universitas Glasgow di Skotlandia. Sepertinya tidak hanya memusatkan senyawa organik ini bersama-sama, tetapi juga membantu menjadikan pola seperti yang dilakukan gen kita sekarang.

Peran utama DNA adalah menyimpan informasi tentang bagaimana molekul lain harus diatur. Cairns-Smith mengemukakan bahwa kristal mineral di tanah liat dapat mengatur molekul organik menjadi pola yang teratur. Setelah beberapa saat, molekul organik mengambil alih pekerjaan ini dan mengatur diri mereka sendiri.

Kehidupan mulai dari dasar laut

Teori ventilasi di laut dalam menunjukkan bahwa kehidupan mungkin telah dimulai pada ventilasi hidrotermal bawah laut yang mengeluarkan molekul kunci yang kaya akan hidrogen.

Sudut batuan kemudian dapat memusatkan molekul-molekul ini bersama-sama dan menyediakan katalis mineral untuk reaksi-reaksi kritis. Bahkan hingga sekarang, ventilasi ini, kaya akan energi kimia dan panas, untuk mempertahankan ekosistem bawah laut.

Baca juga  Kejadian apa saja yang Kita Lihat Setelah Mati?

Awal kehidupan sangat dingin

Es mungkin telah menutupi lautan 3 miliar tahun yang lalu, karena matahari sekarang 1/3 kurang bercahaya daripada dahulu.

Lapisan es ini, bisa setebal ratusan kaki, telah melindungi senyawa organik yang rapuh dibawah air dari sinar ultraviolet dan kehancuran dari dampak kosmis.

Rasa dingin mungkin juga membantu molekul-molekul ini bertahan lebih lama, memungkinkan reaksi kunci terjadi

Jawaban nya adalah pemahaman pembentukan DNA

Saat ini DNA membutuhkan protein untuk membentuk, dan protein membutuhkan DNA untuk terbentuk, jadi bagaimana ini bisa terbentuk tanpa satu sama lain?

Jawabannya mungkin RNA, yang dapat menyimpan informasi seperti DNA, berfungsi sebagai enzim seperti protein, dan membantu menciptakan DNA dan protein.

Baca juga  Jam Tangan Kualitas Internasional Buatan Anak Bangsa Yang Tidak Kalah Dengan Merek Luar

Awal hidup dimulai sangat sederhana

Alih-alih berkembang dari molekul kompleks seperti RNA, kehidupan mungkin dimulai dengan molekul yang lebih kecil berinteraksi satu sama lain dalam siklus reaksi.

Ini telah terkandung dalam kapsul sederhana mirip membran sel, dan seiring waktu lebih banyak molekul kompleks yang melakukan reaksi ini, skenario dijuluki model “metabolisme-pertama”

Kehidupan Bumi berawal dari luar angkasa

Mungkin kehidupan tidak dimulai di Bumi sama sekali, tetapi dibawa ke sini dari tempat lain di ruang angkasa, gagasan yang dikenal sebagai panspermia.

Misalnya, bebatuan secara teratur diledakkan dari Mars karena dampak kosmis, dan sejumlah meteorit Mars telah ditemukan di Bumi yang oleh beberapa peneliti dianggap membawa mikroba ke sini, berpotensi membuat kita semua berawal dari Mars dan berkembang di Bumi.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.