Thu. Aug 13th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Banyak yang Takut Diabetes, Rajin Makan ini Bisa Bikin Diabetes Menjauh!

2 min read
Sharing is Caring

Diabetes hingga saat ini tidak ada obatnya. Yang bisa dilakukan hanyalah mengontrol kadar gula darah supaya tidak terkena komplikasi.

Penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang parah seperti penyakit jantung, gagal ginjal, kebutaan, amputasi, hingga kematian. Tak heran banyak yang kemudian sangat takut dengan diabetes.

Ada beberapa jenis makanan yang jika rajin dikonsumsi bisa menurunkan kadar gula darah sehingga diabetes menjauh.

1. Telur

Rasanya enak, harganya pun murah dibanding sumber protein hewani lainnya (daging sapi, ayam, dan lain-lain). Namun konsumsi telur tak hanya baik sebagai sumber protein tapi juga bisa menurunkan kadar gula darah.

Ahli nutrisi Franziska Spritzler menyarankan memasukkan telur ke dalam menu sarapan karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca juga  Ustadz Arifin Ilham: 5 Nasihat Tentang Sakit & Kematian. Sangat Menyejukkan

2. Tomat

Tomat memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah sehingga tidak menimbulkan lonjakan gula darah saat memakannya. Dan berdasarkan penelitian, konsumsi 200 gram tomat mentah setiap hari bisa menurunkan kadar gula darah sehingga bisa mencegah diabetes tipe 2.

Tak hanya mampu menurunkan kadar gula darah, likopen yang terkandung pada tomat bertindak sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat.

3. Mentimun

Menurut Diabetes Council, mengonsumsi makanan tinggi serat misalnya mentimun bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan serat memperlambat proses pencernaan karbohidrat/gula sehingga kadar gula darah pun terjaga.

4. Bawang putih

Bumbu dapur ini memang terkenal bau tapi manfaatnya buat kesehatan luar biasa. Salah satunya untuk mencegah diabetes.

Baca juga  10 Foto Nyeleneh Ini Bisa Bikin Siapa pun Tepuk Jidat

Bawang putih tidak memiliki glikemik indeks sehingga aman dikonsumsi. Dan rutin mengonsumsinya bisa menurunkan kadar gula darah. Cobalah mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari dan rasakan manfaatnya.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.