Sat. Dec 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Teori Fisika yang Paling Aneh

3 min read
Sharing is Caring

Teori fisika terutama mekanika kuantum sangat unik bahkan sulit dipahami. Berikut 5 Teori paling aneh dalam fisika.

Kerr Black Hole

Hasil gambar untuk kerr black hole diagram

Jenis lubang hitam yang kebanyakan orang kenal memiliki cakrawala peristiwa yang bertindak sebagai “point of no return” dan titik singularitas kepadatan tak terbatas di bagian dalam. Namun, baru pada tahun 1963 matematikawan Roy Kerr menemukan solusi untuk massa bola yang berputar. Oleh karena itu, lubang hitam yang berputar disebut lubang hitam Kerr.

Tunneling Kuantum

Hasil gambar untuk Tunneling quantum

Tunneling Quantum adalah efek di mana partikel dapat melewati penghalang yang biasanya tidak memiliki energi untuk diatasi. Ini dapat memungkinkan partikel melewati penghalang fisik yang seharusnya tidak dapat ditembus, atau dapat memungkinkan elektron untuk melarikan diri dari tarikan inti tanpa memiliki energi kinetik untuk melakukannya. Menurut mekanika kuantum, ada probabilitas terbatas bahwa partikel apa pun dapat ditemukan di mana pun di alam semesta, meskipun probabilitas itu secara astronomis kecil untuk setiap jarak nyata dari jalur partikel yang diharapkan.

Baca juga  5 Hewan yang Dianggap Dewa di Mesir Kuno

String Kosmik

Hasil gambar untuk String Cosmic

Tak lama setelah Big Bang, alam semesta berada dalam keadaan sangat kacau. Perubahan kecil dan cacat tidak mengubah struktur keseluruhan alam semesta. Namun, ketika alam semesta mengembang, mendingin, dan beralih dari keadaan tidak teratur ke kondisi tertib, ia mencapai titik di mana fluktuasi yang sangat kecil menciptakan perubahan yang sangat besar. String kosmik sangat tipis dan panjang dalam bentuk ruang-waktu. String kosmik ini diprediksi sebagai sebagian besar model alam semesta, seperti teori string di mana dua jenis string tidak terkait. Jika ada, setiap senar akan setipis proton, tetapi sangat padat. Dengan demikian, string kosmik yang panjangnya satu mil dapat menimbang sebanyak Bumi.

Baca juga  5 Prediksi Mengejutkan Stephen Hawking Tentang Akhir dari Bumi!

Retrocausality Antimateri

Hasil gambar untuk Retrocausality Antimateri

Antimateri adalah kebalikan dari materi. Ini memiliki massa yang sama tetapi dengan muatan listrik yang berlawanan. Satu teori tentang mengapa antimateri ada dikembangkan oleh peraih Nobel Richard Feynman berdasarkan gagasan bahwa sistem fisik harus dapat dibalik. Misalnya, orbit tata surya kita, jika diputar mundur, harus tetap mematuhi semua aturan yang sama seperti ketika diputar ke depan. Ini mengarah pada gagasan bahwa antimateri hanyalah materi biasa yang mundur ke masa lalu, yang akan menjelaskan mengapa antipartikel memiliki muatan yang berlawanan.

Teorema ketidaklengkapan Gödel

Hasil gambar untuk kurt godel

Ini bukan semata-mata ilmu pengetahuan, tetapi lebih dari satu set teorema matematika yang sangat menarik tentang logika dan filsafat yang pasti relevan dengan ilmu pengetahuan secara keseluruhan. Terbukti pada tahun 1931 oleh Kurt Gödel, teori-teori ini mengatakan bahwa dengan seperangkat aturan logis yang diberikan, kecuali yang paling sederhana, akan selalu ada pernyataan yang tidak dapat diputuskan, yang berarti bahwa mereka tidak dapat dibuktikan atau disangkal karena sifat referensial diri yang tak terelakkan dari setiap sistem logis yang rumit. Ini dianggap mengindikasikan bahwa tidak ada sistem matematika besar yang mampu membuktikan atau menyangkal semua pernyataan. Kesimpulan utama dari teorema ketidaklengkapan Gödel adalah bahwa semua sistem logis akan memiliki pernyataan yang tidak dapat dibuktikan atau disangkal; oleh karena itu, semua sistem logis harus “tidak lengkap.” Implikasi filosofis dari teorema ini tersebar luas.

Baca juga  8 Meme 'Kochenk' Ini Bakal Bikin Kamu Gak Berhenti Ketawa, No 2 Jelmaan Suzana
(Visited 68 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.