Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Sama sama harga dibawah 2 juta, Oppo A1k atau Oppo A5s untuk dibeli?

3 min read
Sharing is Caring

Kopi17an – Oppo Indonesia belum lama ini telah meluncurkan smartphone entry-level terbarunya melalui seri A1K. Tak hanya menawarkan harga yang terjangkau, Oppo A1K ini juga tampil dengan desain kekinian dengan layar berponi minimalis atau yang sering disebut dengan waterdrop design. Tak hanya itu, Oppo membekali ponsel terbarunya dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6.0.

Namun, dengan harga yang tak terpaut jauh ternyata ada Oppo A5s yang telah hadir lebih dahulu. Hal ini menimbulkan pertanyaan dan kebimbangan konsumen, mana yang harus dipilih Oppo A1K vs Oppo A5s? Oppo A5s pada dasarnya membidik segmen setingkat di atas A1K, tak heran spesifikasinya lebih mumpuni dan harganya sedikit lebih mahal. Kali ini membahas perbedaan Oppo A1K vs Oppo A5s agar dapat membantu pembaca atau konsumen yang bingung memilih antara keduanya.

Jika dilihat dari fisiknya, memang tidak terlihat jelas perbedaan A1K vs Oppo A5s. Kedua smartphone ini mengusung gaya desain yang sama dengan layar berponi minimalis atau yang sering disebut dengan waterdrop design. Tak hanya itu, casing belakang Oppo A1K dan Oppo A5s sama-sama menggunakan finshing glossy. Perbedaan terlihat ketika dilihat dari sisi belakang karena Oppo A5s menyematkan sensor sidik jari. Kedua ponsel beredar di Indonesia hadir dengan dua varian warna, yakni Red dan Black.

Sistem Operasi

Baca juga  Cuma 1 Jutaan, Hp Ini Sudah Di Bekali Teknologi Canggih Pada Kamera Selfi Nya, Asli Gila !

Sektor sistem operasi, Oppo A1K yang keluar paling akhir lebih unggul dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan balutan antarmuka ColorOS 6.0. Sedangkan Oppo A5s masih menggunakan Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2. Tak diketahui apakah Oppo A5s ini bakal dapat upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak.

Prosesor

Soal performa, Oppo A1K ini cukup bersaing dengan dukungan SoC MediaTek Helio P22 MT6762 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU PowerVR GE8320.

Sedangkan Oppo A5s menawarkan performa yang lebih kencang dari seri A1K berkat dukungan SoC MediaTek Helio P35 MT6765 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yangterdiri dari quad-core 2,3GHz dan quad-core 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB atau 3GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU PowerVR GE8320.

Baca juga  Peningkatan Dan Penurunan Spesifikasi Xiaomi Mi A3 Dari Mi A2 Tahun Lalu

Kamera

Sisi fotografi dari Oppo A1K ini terbilang standar saja lantaran dibekali satu kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3.2 inci 1.4um piksel yang didukung fitur phase-detection autofokus, dan LED flash. Meski tak dibekali kamera kedua, kamera belakang Oppo A1K ini masih mampu memotret mode portrait atau bokeh.

Sedangkan Oppo A5s lebih unggul dari Oppo A1K soal kamera dengan sokongan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kamera ganda ini diklaim mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang menawan.

Baca juga  Realme 5 Akan Di Perkenalkan Agustus Ini

Baterai

Oppo A1K dibekali baterai berkapasitas 4000mAh. Sedangkan Oppo A5s sedikit lebih unggul dengan dukungan baterai berkapasitas 4230mAh.

Mana yang harus dipilih antara Oppo A1K vs Oppo A5s? Secara umum memang Oppo A5s lebih superior dan harganya lebih mahal. Ponsel Oppo A5s menawarkan kinerja yang lebih kencang, kamera ganda yang lebih mumpuni, kapasitas baterai yang lebih besar, dan masih dilengkapi dengan fitur keamanan sensor sidik jari.

Sedangkan Oppo A1K unggul dengan harga yang lebih murah dan menggunakan OS Android yang lebih baru. Oppo A5s yang sedikit lebih mahal tetapi menawarkan peningkatan yang cukup signifikan. Namun, semua kembali pada selera dan dana yang tersedia masing masing konsumen.

Untuk harga Oppo A1K dibanderol 1.6 jutaan, sedangkan Oppo A5s dibanderol 1.8 jutaan kurang lebih.

(Visited 69 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.