Wed. Sep 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah Elemen Paling Langkah di Bumi!

2 min read
Sharing is Caring

Motor, mobil listrik, iPhone, mesin jet militer, baterai, dan satelit semuanya memiliki kesamaan, mereka membutuhkan elemen langka (rare-earth) untuk berfungsi.

Hasil gambar untuk logam rare earth

Unsur Tanah Jarang adalah kelompok 17 logam yang seperti namanya, terbentuk di bawah permukaan bumi dan sulit ditemukan dan diekstraksi. Tetapi sangat penting untuk industri teknologi dan pertahanan.

Logam rare-earth memiliki sifat magnetik, tahan panas, dan fosfor yang unik yang tidak dimiliki unsur lain. Ini berarti bahwa bahan seringkali merupakan bahan yang tidak dapat disubstitusikan dalam produksi smartphone dan rudal.

Cina mengendalikan bagian terbesar dari deposit rare-earth yang dapat ditambang. Rata-rata, negara tersebut telah menyumbang lebih dari 90 persen dari produksi dan pasokan logam global selama dekade terakhir, menurut US Geological Survey (USGS).

Baca juga  5 Fakta Aneh Dari Air Mata yang Mengusik Rasa Ingin Tahu

Menambang dan memperbaiki bahan-bahan ini tidak mudah, dan sangat sedikit negara yang dapat bersaing dengan monopoli China di pasar rare-earth. Menurut Bloomberg, AS bergantung pada Cina untuk 80 persen impor rare-earth-nya.

Hasil gambar untuk rare earth

Hal ini menempatkan Cina pada posisi yang kuat, jika para pemimpinnya memilih untuk membatasi ekspor rare-earth ke AS, sesuatu yang baru-baru ini diindikasikan oleh presiden Xi Jinping yang dapat melumpuhkan perusahaan seperti Apple dan Lockheed Martin.

Bahkan Departemen Pertahanan AS (DoD) bergantung pada elemen rare-earth untuk manufaktur. Dan Departemen Dalam Negeri AS mendaftarkan mineral tersebut sebagai “kritis” bagi keamanan ekonomi dan nasional negara itu.

Elemen rare-earth yang unik, tahan panas, dan berpendar menjadikannya penting dalam produksi produk seperti baterai, mesin mobil, dan tampilan TV LCD.

Baca juga  Kembaran Aktor Nicolas Cage di Masa Lalu

Rare-earth dapat berinteraksi dengan elemen lain untuk membentuk material dengan properti yang tidak bisa ditawarkan oleh elemen lain. Misalnya, ketika dikombinasikan dengan besi dan boron, neodymium rare-earth membantu menciptakan salah satu magnet terkuat di pasaran, yang berguna dalam iPhone dan hard drive.

Hasil gambar untuk melting copper

Unsur rare-earth relatif berlimpah di kerak bumi, menurut USGS, tetapi tersebar luas. Karena itu, sangat jarang menemukan sejumlah besar unsur yang terkumpul yang dapat diekstraksi.

Thulium dan lutetium adalah dua unsur tanah yang paling jarang ditemukan, tetapi kelimpahan rata-rata mereka di kerak bumi masih hampir 200 kali lebih besar daripada emas, menurut USGS.

Unsur tanah ini dapat dibentuk oleh aktivitas gunung berapi, tetapi banyak yang pertama kali diciptakan dalam ledakan supernova sebelum Bumi ada. Ketika Bumi terbentuk, mineral-mineral itu dimasukkan ke bagian terdalam mantel.

Baca juga  The 2019-nCoV Tiba di Eropa

Mengekstraksi elemen-elemen ini sangat menantang karena mereka secara kimiawi cenderung terikat pada tanah, batuan, dan endapan mineral di sekitarnya.

(Visited 28 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.