Thu. Jul 16th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Temuan yang akan Mengubah Pandanganmu terhadap Bumi

2 min read
Sharing is Caring

Ilmu pengetahuan modern belajar begitu banyak tentang masa lalu Bumi, dan para peneliti telah mengungkap beberapa detail mengejutkan yang bertentangan dengan semua yang kita anggap remeh.

1. Mamalia Menguasai Bumi Sebelum Dinosaurus

Hasil gambar untuk dinosaur fossil

Mamalia dan reptil tidak mirip tetapi memiliki nenek moyang yang sama. Ketika mereka berpisah, reptil menjadi dinosaurus-diapsid, sementara nenek moyang mamalia saat ini menjadi sinapsida. Persaingan itu berlangsung selama lebih dari 230 juta tahun, dan mamalia sinapsida mendominasi dino-diapsid untuk paruh pertama waktu saat itu. Dimetrodon misalnya, leluhur mamalia darat dominan pada periode Permian. Lebih dari 90 persen spesies punah pada akhir periode Permian, dan mengakibatkan peluang bagi dino-diapsid untuk berkembang. Pada pertengahan Trias, sinapsida berubah menjadi mamalia modern dan Diapsid menjadi dinosaurus.

Baca juga  7 Ide Dekorasi Untuk HUT RI 17 Agustus, Nomor 5 Paling Unik

2. Tidak Ada Yang Tahu Apa yang Membunuh Dinosaurus

Hasil gambar untuk meteor dinosaurs

Menurut teori yang paling umum dipegang dari tahun 1980-an hingga saat ini, asteroid besar jatuh di dekat Chicxulub Meksiko modern dan membuat Bumi memasuki musim dingin global. Zaman dinosaurus berakhir, karena 80 persen spesies Bumi musnah. Sejumlah pertanyaan pun diajukan tentang kepunahan akhir dinosaurus dan dampak asteroid itu. Ledakan besar tersebut seharusnya membunuh seluruh kedidupan di Bumi, sebaliknya beberapa spesies bertahan — bahkan dinosaurus, berevolusi menjadi burung.

3. Hujan Berlian

Hasil gambar untuk volcanic eruption

Berlian adalah kristal karbon murni yang terbentuk di bawah panas yang kuat dan tekanan di bagian dalam Bumi. Setelah terbentuk, berlian berada di mantel Bumi. Jenis batuan mantel yang disebut kimberlite atau lamproite kemudian bergerak ke atas dari bawah lapisan mantel dengan membawa berlian. Erupsi vulkanik meledakkannya ke permukaan Bumi.

Baca juga  7 Ide Dekorasi Untuk HUT RI 17 Agustus, Nomor 5 Paling Unik

4. Lautan Ungu

Hasil gambar untuk purple ocean

Di beberapa tempat seperti fjord Norwegia, banyak nutrisi menumpuk di dalam laut dan menggunakan semua oksigen. Hal ini merupakan sesuatu yang buruk bagi sebagian besar bentuk kehidupan, tetapi baik untuk mahluk pemakan belerang. Oksigen sangat mematikan bagi bakteri yang menyukai belerang yang mewarnai air laut menjadi ungu. Pigmen ini termasuk pigmen tertua di Bumi dan telah ditemukan di batuan berumur 1,64 miliar tahun di Australia bagian utara. Bakteri-bakteri itu hidup tepat setelah Bumi kehilangan formasi besi berpita (BIF), yang berhenti terbentuk di laut sekitar dua miliar tahun yang lalu. Ahli geologi telah lama bingung mengapa tidak ada lagi BIF yang terbentuk setelah itu. Dua teori utama melibatkan lautan yang kaya oksigen atau hidrogen sulfida yang berbau.

Baca juga  4 Tokoh Karakter Psikopat di dunia Anime

5. Air Bumi Lebih Tua Dari Tata Surya

Hasil gambar untuk water on earth

Tata surya terbentuk dari awan besar debu antarbintang yang kering, tetapi beberapa hidrogen dan oksigen di awan bergabung menjadi H2O dan meledak di tata surya bagian dalam, ketika Matahari pertama kali menyala. Para peneliti baru saja menemukan bahwa 30-50 persen air bumi lebih tua dari tata surya. Para ilmuwan menggunakan metode penanggalan relatif untuk menunjukkan bahwa hingga setengah dari air di Bumi berusia 4,6 miliar tahun. Mereka tidak bisa memberikan tanggal yang tepat, tetapi air purba ini hampir setua alam semesta.

Itu dia 5 Temuan yang akan membuat pandanganmu berubah terhadap bumi.

(Visited 47 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.