Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Bencana Teknis Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

2 min read
Sharing is Caring

Manusia dengan semua kejeniusan dan pencapaiannya berhasil menciptakan hal menakjubkan, meski masih jauh dari sempurna. Untuk membangun sesuatu, kita masih membutuhkan pengetahuan kolektif dari ratusan orang, di mana pun.

1. Bencana Jembatan Tacoma Washington

Hasil gambar untuk tacoma bridge

Tacoma Narrows Bridge adalah sepasang jembatan gantung sepanjang 1.600 meter dengan bentangan mencapai 2800 kaki (850 m). Jembatan pertama, dijuluki Galloping Gertie, dibuka untuk lalu lintas pada 1 Juli 1940, dan menjadi terkenal empat bulan kemudian karena keruntuhan struktural akibat tiupan angin dramatis. Anehnya satu-satunya korban adalah Cocker Spaniel hitam. Jembatan pengganti pertama dibuka pada 1950, dan jembatan paralel dibuka pada 2007.

2. Cleveland East Ohio Gas Explosion

Hasil gambar untuk cleveland east ohio gas explosion

Bencana ini terjadi pada Jumat sore, 20 Oktober 1944. Kebocoran gas, ledakan, dan kebakaran mengakibatkan tewasnya 130 orang dan menghancurkan area seluas satu mil persegi di Cleveland, sisi timur Ohio, disebabkan gas alam yang dituang ke dalam tangki yang tidak terstruktur dengan baik.

Baca juga  Fakta yang Mungkin Belum Kalian Ketahui Tentang ESports!

3. Hyatt Regency Hotel Walkway

Hasil gambar untuk hyatt regency hotel walkway collapse

CollapseIni adalah bencana besar yang terjadi pada 17 Juli 1981 di Kansas City, Missouri, yang menewaskan 114 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya. Pada saat itu, kejadian ini adalah keruntuhan struktural paling mematikan dalam sejarah AS. Pada 17 Juli 1981, sekitar 2.000 orang berkumpul di atrium untuk berpartisipasi dan menonton kontes dansa. Pada pukul 19:05, jalan setapak di lantai dua, tiga, dan empat dipenuhi pengunjung. Masalah konstruksi menyebabkan perubahan desain yang halus namun cacat yang menggandakan beban pada hubungan antara balok penopang jalan setapak lantai empat dan batang pengikat yang membawa berat jalan setapak lantai dua. Desain baru ini hampir tidak bisa menangani berat struktur itu sendiri, apalagi berat ratusan penonton yang berdiri di atasnya. Koneksi gagal dan kedua trotoar jatuh ke lobi, menewaskan 114 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya.

Baca juga  5 Bencana Nuklir Paling Mematikan dalam Sejarah

4. Bencana Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl

Hasil gambar untuk chernobyl disaster

Insiden ini adalah kecelakaan PLTN terburuk dalam sejarah dan satu-satunya yang berada pada level 7 dalam Skala Kejadian Nuklir Internasional, yang mengakibatkan kehancuran nuklir yang parah. Pada 26 April 1986 pukul 01:23:40 pagi, reaktor nomor empat yang tidak stabil secara struktural meledak. Ledakan dan api yang dihasilkan mengirim gumpalan radioaktif ke atmosfer.

5. Banjir Dam St. Francis

Hasil gambar untuk dam st francis

Karier William Mulholland berakhir pada 12 Maret 1928, tepat sesaat setelah memeriksa Dam St. Francis. Dam itu mengalami keruntuhan hanya beberapa jam setelah diinspeksi oleh Mulholland sendiri. 12,5 miliar galon (47.000.000 m³) air mengalir ke Lembah Santa Clarita, utara dari Los Angeles. Dinding air setinggi 10 lantai menggulung dasar sungai Santa Clara pada kecepatan 18 mph (29 km / jam) ke arah laut Ventura. Kota Santa Paula terkubur di bawah lumpur dan puing-puing seluas 20 kaki. Jumlah diperkirakan mencapai 450, termasuk 42 anak sekolah.

Baca juga  Akibat Cuaca Ekstrem Semalam, Satu Keluarga Tewas Tertimpa Longsor di Bogor

Itu dia 5 Bencana teknis paling mematikan sepanjang sejarah.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.