Wed. Sep 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Duel Smartphone Realme 3 pro dengan Samsung A50 mana yang lebih tangguh?

5 min read
Sharing is Caring

Kini smartphone kelas menengah dengan performa tinggi, kamera bagus, dan harga terjangkau semakin bermunculan di pasar Indonesia dan di antaranya adalah realme 3 Pro dan Samsung Galaxy A50.

Realme 3 Pro sendiri telah hadir di Indonesia dengan dua varian yang terdiri dari RAM 4 GB dan storage internal 64 GB seharga Rp2.999.000 serta RAM 6 GB dan storage internal 128 GB seharga Rp3.599.000.

Sementara itu untuk Samsung Galaxy A50 hadir dengan dua varian, yakni RAM 4 GB dan storage internal 64 GB seharga Rp3.499.000 serta RAM 6 GB dan storage internal 128 GB seharga Rp4.199.000.

Di antara kedua smartphone ini, manakah yang lebih unggul melihat keduanya sama-sama menyasar pasar smartphone kelas menengah di Indonesia?

Desain

Dari sisi warna smartphone, realme 3 Pro menghadirkan bodi belakang dengan warna gradasi dan pilihan warna Lightning Purple maupun Nitro Blue sedangkan Galaxy A50 hadir dengan pilihan warna biru, hitam, dan putih yang lebih polos namun mengkilap.

Baik realme 3 Pro dan Galaxy A50 sama-sama mempunyai bodi belakang dengan bahan polikarbonat. Bahan ini membuat kedua smartphone tersebut tidak terlalu licin ketika digenggam dengan menggunakan satu tangan.

Namun begitu, debu dan noda sidik jari mudah membekas di bodi belakang kedua smartphone tersebut sehingga perlu menambahkan casing tambahan agar lebih terlindungi.

Untuk sensor sidik jari di realme 3 Pro diletakkan di bagian belakang smartphone sementara Galaxy 50 diletakkan di dalam layarnya

Layar

Kedua perangkat ini sama-sama mengusung layar penuh dengan poni kecil yang berbentuk dewdrop. Realme 3 Pro mempunyai lebar layar 6,3 inci yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Galaxy A50 yang berukuran 6,4 inci.

Berbeda dengan Galaxy A50 yang menggunakan layar berteknologi Super AMOLED, realme 3 Pro menggunakan layar berteknologi IPS. Perbedaan teknologi layar ini pun berimbas pada perbedaan tingkat kecerahan layar dari kedua smartphone ini.

Baca juga  Punya Uang Dikit Mending Beli HP ini Aja, Murah Cuma Sejuta

Secara kasat mata, saya melihat layar Galaxy A50 lebih cerah dibandingkan dengan realme 3 Pro di setelan kecerahan layar yang sama. Perbedaan teknologi layar ini terbilang wajar mengingat harga realme 3 Pro jauh lebih murah dibandingkan dengan Galaxy A50.

Kedua smartphone ini sama-sama mempunyai resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Sementara itu, layar realme 3 Pro dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 yang versi dan kemampuannya lebih tinggi dibandingkan Corning Gorilla Glass 3 yang digunakan di Galaxy A50.

Performa

Realme 3 Pro menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-core 2,2 GHz dan Galaxy A50 menggunakan chipset Exynos 9610 Octa-core 2,3 GHz. Kedua chipset ini memiliki performa yang bertenaga dan efisien dalam mengonsumsi daya baterai dikarenakan sama-sama mengadopsi teknologi proses 10nm.

Pada saat menguji performanya, saya menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari di kedua perangkat ini dengan lancar mulai dari multitasking, navigasi smartphone, memainkan game, hingga menonton video.

Realme 3 Pro dan Galaxy A50 mampu menjalankan game Mobile Legends, Arena of Valor, dan Free Fire dengan grafis tinggi. Untuk realme 3 Pro mampu menjalankan ketiga game ini dengan frame rate yang tinggi sedangkan Galaxy A50 tidak mendapatkan pilihan frame rate tinggi pada game Mobile Legends.

Pada game PUBG Mobile di Galaxy A50, setelan grafisnya dapat diatur ke setelan HDR dan frame rate Ultra. Walaupun PUBG Mobile dapat diset ke setelan tinggi, sering muncul lag ketika dimainkan sehingga sebaiknya setelan grafis diturunkan ke HD dan frame rate ke High agar game berjalan lebih mulus.

Sementara itu PUBG Mobile yang dijalankan pada realme 3 Pro hanya diizinkan untuk disetel hingga grafis HD dan frame rate High. Pada setelan tersebut, game dapat dijalankan dengan lancar tanpa adanya lag sama sekali.

Pada pengujian dengan AnTuTu Benchmark, realme 3 Pro mendapatkan skor mencapai 155.160 yang lebih unggul dibandingkan dengan skor 142.431 yang dicapai oleh Galaxy A50. Ditambah lagi, skor GPU AnTuTu dari realme 3 Pro mencapai 48.753, lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy A50 yang hanya mendapat skor 38.294.

Baca juga  Apple memenangkan paten untuk layar dilipat

Beralih pada pengujian Geekbench, realme 3 Pro berhasil mendapatkan skor 1.479 poin untuk single-core dan 5.820 poin untuk multi-core. Sedangkan Galaxy A50 mendapatkan skor single-core yang lebih tinggi yaitu 1.726 poin namun untuk skor multi-core lebih rendah yaitu 5.646 poin.

Dari hasil pengujian di atas, realme 3 Pro secara keseluruhan memiliki performa CPU dan GPU yang lebih tinggi dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50.

Kamera

Realme 3 Pro dibekali dengan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera utama 16 MP bersensor Sony IMX519 dan kamera sekunder 5 MP ditambah kamera depan 25 MP. Sedangkan Galaxy A50 memiliki 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 25 MP, kamera sekunder 5 MP, dan kamera ultra-wide 8 MP serta kamera depan 25 MP.

Realme telah menyematkan fitur Chroma Boost pada realme 3 Pro yang memberikan peningkatan warna yang lebih optimal sehingga hasil fotonya menjadi terlihat menarik ketika dilihat banyak orang. Tak ketinggalan, mode Super Nightscape juga telah hadir pada kamera bawaan realme 3 Pro sehingga memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto yang terang dan detail dalam kondisi malam hari.

Beragam mode dan fitur telah hadir pada aplikasi kamera bawaan realme 3 Pro maupun Galaxy A50 untuk memanjakan penggunanya dalam mengambil foto yang bagus. Berikut adalah foto yang dihasilkan oleh masing-masing smartphone

Baca juga  Kalahkan Xiaomi! Inilah Ponsel Merk China Yang Menggencarkan Pasar Global

Baterai

Realme 3 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.045 mAh yang sedikit lebih besar dibandingkan Galaxy A50 yang berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai yang besar membuat keduanya mampu bertahan lama.

Untuk melakukan pengujian daya baterainya, saya pun menjalankan video dengan resolusi Full HD (1080p) berkecepatan 30 FPS yang diputar secara nonstop dengan tingkat kecerahan layar disetel di level 50% pada kedua smartphone tersebut.

Hasil dari pengujian tersebut, realme 3 Pro mendapatkan screen on time yang lebih kecil daripada Galaxy A50 untuk soal menonton video non stop. Namun begitu, untuk penggunaan sehari hari daya tahan baterainya akan bervariatif tergantung penggunanya.

Untuk pengecasan baterainya, realme 3 Pro lebih unggul karena mampu mengisi daya baterai dari 8% hingga 100% hanya dalam waktu 1 jam 15 menit atau 1,23% baterai terisi tiap 1 menit. Sedangkan Galaxy A50 membutuhkan waktu 1 jam 59 menit untuk pengisian daya baterai dari 1% ke 100% atau 0,83% baterai terisi tiap 1 menit.

Kesimpulan

Setelah dibandingkan secara keseluruhan, realme 3 Pro mengungguli Samsung Galaxy A50 dari sisi performa, kamera, dan pengisian daya baterai. Harga realme 3 Pro pun jauh lebih murah dibandingkan Galaxy A50.

Fitur Super Nightscape dan Chroma Boost yang hadir pada aplikasi kamera bawaan realme 3 Pro mampu memberikan nilai tambah pada hasil fotonya sehingga terlihat lebih menarik dibandingkan menggunakan mode Auto.

Sementara itu Galaxy A50 lebih unggul dari sisi daya tahan baterai dan layar. Namun, harga yang ditawarkannya lebih mahal sehingga akan menjadi pertimbangan bagi sebagian orang yang mempunyai dana terbatas untuk membeli sebuah smartphone.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.