Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Para Pedagang Bongkar Sisi Buruk Dari Jalan Tol Trans Sumatera! Ternyata Seperti Ini

1 min read
Sharing is Caring

Setiap hal pasti memiliki ‘sisi buruk’, termasuk pembangunan jalan tol. Di Sumatera, beberapa pedagang mengeluh karena dagangannya tidak laku sebagai akibat adanya jalan tol Trans Sumatera.

Ya, jalan tol trans Sumatera memiliki ‘sisi buruk’ bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah di sepanjang jalan lintas Sumatera.

Arus kendaraan dari kota-kota Sumatera dan Jawa yang keluar dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan kini rata-rata meneruskan perjalanan melewati tol Bakauheni. Dengan kata lain, arus kendaraan yang melintasi jalanan umum Sumatera mulai berkurang.

Salah seorang pengelola rumah makan, Sulaiman menyampaikan biasanya para pengendara mampir ke rumah makannya usai turun dari kapal (Pelabuhan Bakauheni).

Baca juga  5 Pemimpin Diktator yang Masih Hidup Hingga Sekarang

“Bus, truk dan mobil pribadi banyak lewat tol. Usaha rumah makan kami terasa sepi pengunjung,” demikian pengakuan Sulaiman.

Hal yang sama juga dirasakan Hadi, pengelola usaha keripik pisang di Lampung. Dia mengaku sajian lokal seperti oleh-oleh dan makanan ringan yang dijual di pinggir jalan mengalami sepi pembeli.

“Kendaraan pribadi lintas Sumatera sudah jarang terlihat. Mungkin mereka lewat jalan tol, tidak lewat jalan lintas lagi,” demikian pengakuan Hadi.

Itulah ‘sisi buruk’ jalan tol Trans Sumatera yang diungkap para pedagang yang mengalami sepi pembeli. Bagaimana menurut Anda?

(Visited 12 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.