Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Agama yang Belum diketahui oleh banyak Orang

2 min read
Sharing is Caring

Agama telah ada sejak pemikiran pertama manusia, dan pada kesempatan kali ini Kopi17an akan membahas sejumlah agama yang mungkin tidak pernah kalian dengar sebelumnya.

1. Cheondoisme

Hasil gambar untuk cheondoism

Cheondoisme adalah gerakan keagamaan Korea abad ke-20 yang berawal dari pemberontakan petani pada tahun 1812. Teologi Cheondo pada dasarnya adalah monoteistik, panteistik, dan panentheistik. Cheondoisme berakar pada perdukunan Korea dan Buddhisme Korea, dengan unsur-unsur yang diambil dari agama Kristen. Agama ini begitu populer di Korea Utara sehingga sekarang menjadi agama terkemuka di sana. Agama ini percaya bahwa Tuhan ada dalam diri kita masing-masing dan bahwa kita semua harus berusaha menjadikan bumi ini seperti firdaus.

Baca juga  Ilmuwan Terkenal ini Ternyata tidak Percaya dengan Tuhan!

2. Mazdakisme

Hasil gambar untuk mazdakism

Mazdakisme adalah agama yang didirikan oleh Mazdak, seorang reformis Persia (Iran) sosialis pada abad ke-6 SM. Dia mengaku sebagai seorang nabi dan melembagakan kepemilikan komunal dan program kesejahteraan sosial. Dua faktor pembeda dari pengajaran Mazdak adalah kurang pentingnya formalitas keagamaan. Orang yang benar-benar religius adalah yang memahami dan berhubungan dengan prinsip-prinsip alam semesta, dan kritik terhadap posisi kuat para klerus Zoroaster, yang, dipercaya telah menindas populasi Persia dan menyebabkan banyak kemiskinan.

3. Adytum

Hasil gambar untuk adytum religion

Adytum atau singkatnya BOTA adalah agama yang diciptakan di California oleh Dr. Paul Foster Case. Agama ini mengajarkan penganutnya melalui korespondensi, dan juga basis di seluruh dunia di mana orang bertemu dan melakukan upacara keagamaan. Sebagian besar kepercayaan dan ajaran didasarkan pada psikologi esoterik, tarot gaib, Hermetik Qabalah, Astrologi, dan teknik meditasi. BOTA bukan organisasi yang sepenuhnya Kristen, juga bukan Yahudi. B.O.T.A percaya bahwa Qabalah adalah akar mistis dari Yudaisme kuno dan Kristen asli, tetapi orang-orang dari semua agama diterima.

Baca juga  Tuhan Diciptakan Manusia? Mantan Karyawan Google Ciptakan Agama Baru Penyembah Robot

4. Choquette Asatru

Asatru adalah kebangkitan agama Nordik kuno yang didasarkan pada keyakinan politis dan dongeng mitos. Menurut agama ini, ada empat dewa kunci dan beberapa dewa kecil. Penganut biasanya hidup dalam komunitas yang disebut Kindreds. Mereka menganggap “Sembilan Kebajikan Mulia” sebagai model bagi kehidupan mereka.

5. Eckankar

Hasil gambar untuk eckankar

Eckankar didirikan oleh orang Amerika John Paul Twitchell pada tahun 1965. Ini adalah kepercayaan monoteistik, yang memuja roh ilahi “Eck.” Eckankar mirip dengan beberapa agama Timur dalam keyakinannya bahwa jiwa terus-menerus bereinkarnasi sampai mencapai pembebasan spiritual. Agama mengajarkan bahwa pertumbuhan spiritual hanya mungkin melalui latihan meditasi khusus yang mirip dengan yoga. Melalui praktik-praktik ini, jiwa dapat melarikan diri dari bentuk fisik dan memasuki Sugmad, atau alam spiritual. Keberhasilan penyelesaian perjalanan spiritual seseorang menghasilkan penyatuan kembali dengan Eck.

Baca juga  5 Praktik Agama Paling Ekstrem yang Belum Pernah Kamu Lihat

Itu dia 5 agama yang masih belum banyak orang mengetahui.

(Visited 50 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.