Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah 4 Bangunan Di Indonesia Yang Mangkrak Di Tengah Jalan! Negara Rugi Rp 1 Triliun

2 min read
Sharing is Caring

Akhir-akhir ini, Indonesia fokus membangun banyak infrastruktur. Mulai dari pelabuhan, jalan tol, jembatan, waduk, bandara dan lain sebagainya. Tentunya, infrastruktur-infrastruktur baru itu sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kendati begitu, ada beberapa bangunan di negara kita yang mangkrak di tengah jalan. Akibatnya, negara kita mengalami kerugian hingga triliunan rupiah.

Berikut empat bangunan di Indonesia yang mengalami mangkrak.

1. Hambalang

Pembangunan Proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang direncanakan selesai selama tiga tahun. Namun, rencana itu kandas di tengah jalan karena kasus korupsi.

Akibatnya, negara mengalami kerugian mencapai Rp 706 miliar.

2. Pasar eks Mentaya Teater

Baca juga  Banyak Yang Belum Tahu! Ternyata Harta Kekayaaan Majapahit Terkubur di Sini

Pasar eks Mentaya Teater berlokasi di kota Sampit, Kalimantan Tengah. Sudah sekitar lima tahunan proyek ini tak terurus. Bahkan, proyek tak terurus itu ‘berpindah fungsi’ menjadi lokasi pacaran hingga tempat buang air kecil.

Pembangunan Pasar eks Mentaya Teater memakan biaya senilai Rp 25,9 miliar.

3. Renovasi bangunan pesanggrahan di Kintamani, Bali

Renovasi bangunan pesanggarahan yang berlokasi di kawasan pasar Singamandawa, Kintamani, Bali tak kunjung dimanfaatkan. Rencana awal, bangunan itu akan digunakan sebagai ‘pusat informasi turis’ di wilayah tersebut.

‘Calon’ pusat informasi turis itu justru menjadi bangunan yang dipenuhi semak-semak, rumput dan sampah. Total kerugian mencapai Rp 600 juta.

4. Pelabuhan-pelabuhan mandek

Baca juga  8 Foto Hidup Ala Orang Dubai ini Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Tercatat ada banyak pelabuhan di negara kita yang mangkrak di tengah jalan.

Beberapa di antaranya Pelabuhan Moncoh yang memakan biaya Rp 63 miliar, Pelabuhan Dompak memakan biaya Rp 57 miliar, Pelabuhan Teluk Tapang memakan biaya Rp 128 miliar, Pelabuhan Tanjung Beringin memakan biaya Rp 16 miliar dan Pelabuhan Meranti Rp 50 miliar.

Itulah empat bangunan di Indonesia yang mengalami mangkrak di tengah jalan. Jika ditotal secara keseluruhan (dari empat bangunan di atas), kerugian negara mencapai Rp 1 triliun lebih.

Bagaimana menurut Anda?

(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.