Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Geser Posisi Predator Puncak, Makhluk Ini Buat Hiu Putih Ketakutan

1 min read
Sharing is Caring

Hiu putih merupakan jenis hiu yang berhasil hidup di bumi lebih lama dari Megalodon. Posisinya di lautan dikenal sebagai predator puncak yang memangsa banyak hewan di bawahnya. Namun, bak pertarungan sengit antara hiu purba Megalodon dengan paus raksasa Leviathan, kisah hiu putih di laut juga demikian.

Hiu putih (Carcharodon carcharias) baru saja tergeser dari puncak predator. Makhluk yang menakuti mereka adalah paus pembunuh, orca (Orcinus orca).

Jika orca mendekat, para hiu akan berlarian. Hal ini diamati peneliti lautan Salavdor Jorgensen. Data yang diperoleh dari 165 hiu putih di tahun 2006 hingga 2013 melalui GPS menunjukkan bahwa hiu putih akan menghindar setiap bertemu dengan paus Orca

Baca juga  5 Judul Anime Paling Aneh dan Terdengar Sangat Bodoh

Anjing laut (Mirounga angustirostrous) merupakan hewan yang diuntungkan dengan ketakutan hiu putih terhadap orca. Biasanya sekitar 40 anjing laut menjadi korban yang dimangsa hiu putih. Namun, setiap dikunjungi orca, para hiu putih kabur ketakutan.

Biasanya, paus pembunuh hanya memangsa ikan kecil. Namun data menunjukkan bahwa paus pembunuh juga gemar dengan daging ikan hiu. Di sekitar pulau Farallon, perburuan hiu oleh paus ini sering terjadi.

Paus orca memangsa hiu yang cukup besar sekitar 5.5 meter. Biasanya memang selain ikan kecil, paus ini juga tidak ragu untuk memangsa paus lain yang berukuran lebih besar dari mereka.

Di lautan, dinamika dari rantai makanan tidak selalu linear. Kadang, ada makhluk yang dapat mengubah susunan tersebut dengan mudah, seperti paus orca.

Baca juga  Sepatu Dari Kulit Manusia? Dan 4 Legenda Urban yang Paling Mengerikan Di Dunia
(Visited 75 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.