Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ditemukan Di Jakarta, Sengatan Tawon Ini Dapat Membunuh Manusia

1 min read
Sharing is Caring

Tawon ndas merupakan nama panggilan dari Tawon affinis. Keberadaan tawon ini meresahkan setelah kembali ditemukan di Jakarta. Hal ini disebabkan oleh reputasi buruk dari tawon ini di Klaten, Jawa Tengah. Dalam 2 tahun terakhir, 7 orang meninggal akibat sengatannya.

Tawon ndas bukan merupakan lebah penghasil madu. Tawon ini memangsa larva dari hewan lain, termasuk lebah. Sebelumnya, tawon ndas hidup di hutan dan memangsa seperti demikian. Namun, dengan hilangnya habitat hewan tersebut, dan masifnya ekspansi pertanian, tawon tersebut menemukan lahan mencari makan baru di sana. Akibatnya, kontak tawon dengan manusia semakin intens dan kecelakaan yang berakibat fatal sering terjadi

Baca juga  Pasca Liburan Di Australia Bareng Wijin, Netizen Temukan Kejanggalan Di Story Gisel

Rosichon Ubaidillah, seorang peneliti biologi mengatakan hal berikut yang menyebabkan tawon berbahaya.

Tawon ini akan menyerang saat terancam. Biasanya jika hanya diserang satu atau dua tawon, penanganan sendiri dengan kompres es atau obat-obatan antihistamin dan corticosteroid dapat dilakukan.

Jika diserang dalam jumlah banyak atau korban memiliki tingkat alergi yang tinggi terhadap toksin tawon, tanpa penanganan 1 x 24 jam akan menyebabkan terjadinya anafilaksis (reaksi alergi berat) yang menyebabkana organ tubuh rusak.

Berbagai kerusakan yang dapat terjadi adalah edema paru dan gagal ginjal akut.

Penemuan tawon terakhir di Jakarta berada di sebuah pohon di Jalan Cilingup Indah, Duren Sawit. Meski demikian, keberadaan tawon tersebut sudah ditindak Damkar.

Baca juga  Penemuan Teknologi ini merupakan Hasil Curian dari Orang Lain

Cara terbaik untuk menghindari akibat fatal dari sengatan tawon adalah menghindarinya.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.