Wed. Jul 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Bukti Majunya Peradaban Kuno, Kota Di Bawah Turki Ini Punya 20 Lantai

1 min read

ralucah2002@hotmail.com

Sharing is Caring

Peradaban masa lalu tidak selalu berarti peradaban yang tidak canggih. Bahkan, beberapa kota masa lalu tidak dibangun di atas tanah melainkan di bawahnya. Sebuah kota tua yang berada di bawah Turki ternyata sangatlah unik.

Kota Cappadocia ini berada di kedalaman 54 meter di bawah permukaan tanah. Uniknya, kota ini dapat dibangun bertingkat-tingkat.

Kota yang ada di Cappadocia ini disebut kota Derinkuyu. Kota ini ‘tinggi ke dalam’ dengan 20 tingkat ke kedalaman 54 meter. Untuk mencapai bagian dari kota paling bawah diperlukan 204 buah anak tangga. Meskipun dengan luas 4 kilometer persegi, bak kota di atas tanah, kota bawah tanah kuno ini berfasilitas lengkap.

Baca juga  Walikota Sutiaji Tegur Pembeli Takjil Malas Turun Mobil

Selain akomodasi, ada pula kakus, dapur, penjara, gudang, sekolah, dan kapel. Kota ini dapat menampung 20 ribu orang di dalamnya.

Derinkuyu berada di wilayah Cappadocia Provinsi Nevsehir, Turki. Ternyata di daerah itu, ada 36 buah kota bawah tanah dengan Derinkuyu sebagai kota terdalam. Dulunya kota ini dihuni oleh bangsa Phrygia. Bangsa Phrygia adalah bagian dari bangsa Indo-Eropa kuno.

Derinkuyu dibuka untuk umum. Tapi yang diperbolehkan untuk diakses hanya 8 lantai pertama. Masih banyak hal yang belum dilihat orang awam dari kota ini.

(Visited 34 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.