Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

7 Perusahaan Terkaya dan Tersukses Sepanjang Sejarah

2 min read
Sharing is Caring

Dunia bisnis saat ini tidak lagi diperuntukkan bagi kaum elite yang telah mencapai kesuksesan yang begitu berlimpah. Siapa pun bisa mendapatkan informasi tentang dunia bisnis sesuai keinginannya masing-masing. Tetapi, bisnis tidak lepas dari perusahaan multinasional yang telah memiliki kekayaan ratusan hingga ribuan triliun (kuadriliun) rupiah.

Berikut perusahaan tersukses dan berhasil meraup kekayaan terbanyak sepanjang sejarah.

1. VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie)

Hasil gambar untuk voc netherlands

VOC yang didirikan pada tahun 1602 adalah satu-satunya perusahaan yang memiliki nilai sekitar USD 7,8 triliun (Rp111,6 kuadriliun). Berawal dari perusahaan yang bergerak di bidang logistik dengan menggunakan kapal, VOC telah menguasai pasar eropa bahkan dunia di bidang rempah-rempah. Bahkan, VOC juga menjadi perusahaan pertama yang memopulerkan saham.

2. Mississipi Company

Hasil gambar untuk mississippi company

Mississipi Company adalah perusahaan yang memonopoli perdagangan di daerah koloni Prancis, Amerika utara, dan sekitarnya. Didirikan pada tahun 1684 oleh John Law, René-Robert Cavelier, dan Sieur de La Salle, perusahaan ini dapat bertahan selama lebih dari 20 tahun sebelum akhirnya tumbang karena manajemen yang buruk pada tahun 1721. Perusahaan yang kantor utamanya berada di Perancis ini memiliki nilai mencapai USD 6,5 triliun (Rp93 kuadriliun).

Baca juga  5 Layanan Cloud Gaming Terbaik, Bisa main Game PS4 di Smartphone

3. South Sea Company

Hasil gambar untuk south sea company

Perusahaan ini memiliki durasi yang cukup pendek dibanding perusahaan yang lain, yaitu hanya 9 tahun beroperasi. South Sea Company yang didirikan pada tahun 1711 oleh John Blunt dan John Aislabie akhirnya bangkrut pada 1720. Meski memiliki durasi yang pendek, perusahaan yang beroperasi di Amerika selatan dan sekitarnya ini mampu menghasilkan pendapatan hingga USS 4,3 triliun (Rp61,5 kuadriliun).

4. Saudi Aramco

Hasil gambar untuk Saudi Aramco

Dengan nilai perusahaan menyentuh USD 4,1 triliun (Rp58,7 kuadriliun), Perusahaan yang bernama asli Saudi Arabian Oil Co ini menjadi perusahaan energi bernilai paling tinggi di dunia. Perusahaan bermarkas di Dhahran, Arab Saudi yang sempat berganti nama hingga tiga kali ini didirikan pada tahun 1933 oleh kerja sama antara pemerintah Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Baca juga  5 Foto ini Buktikan Orang Dewasa Tidak Boleh Mewarnai Buku Anak - Anak

5. PetroChina

Hasil gambar untuk petrochina

PetroChina yang bergerak di bidang perminyakan dan gas ini didirikan pada tahun 1911 di China. Berumur lebih dari satu abad, PetroChina memiliki kekayaan hingga USD 1,4 triliun (Rp20 kuadriliun). Walau didirikan oleh beberapa perusahaan, PetroChina yang bermarkas di Beijing ini sekarang dimiliki oleh pemerintah China.

6. Standart Oil

Hasil gambar untuk standard oil company

Selain Saudi Aramco, Standard Oil adalah satu-satunya perusahaan minyak asal Amerika Serikat yang memiliki nilai kekayaan hampir setara dengan Saudi Aramco, yaitu mencapai USD 1,1 triliun (Rp15,7 kuadriliun). Perusahaan bermarkas di Ohio yang didirikan pada tahun 1870 oleh John D Rockefeller ini dibubarkan setelah mendapat keputusan dari Mahkamah Agung Amerika Serikat tentang monopoli ilegal. Dengan keputusan tersebut, Standard Oil resmi bubar pada tahun 1911 dan sekarang pecah menjadi 34 perusahaan kecil.

Baca juga  Dulu Memblokir Tiktok! Sekarang Kemkominfo Punya Akun Resmi di Tik Tok?

7. Apple

Hasil gambar untuk apple company

Apple didirikan lebih dari 43 tahun lalu (1976) oleh Steve Wozniack, Steve Jobs, dan Ronald Wayne di California, Amerika Serikat. Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi ini memiliki kekayaan hingga USD 1 triliun (Rp14,3 kuadriliun). Sebelum sekarang dikenal dengan gawainya, Apple pernah memproduksi pemutar CD dan kamera digital di awal perjalanannya.

Itu dia perusahaan terkaya dan tersukses sepanjang sejarah.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.