Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Misteri Tertua di Dunia yang Berhasil Dipecahkan

3 min read
Sharing is Caring

Para ilmuwan dan sejarawan terus bekerja untuk menjawab pertanyaan yang belum terselesaikan tentang alam semesta dan masa lalu kita sendiri. Dan baru-baru ini, sepertinya mereka memiliki beberapa keberhasilan penting.

Berikut Misteri tertua di dunia yang berhasil dipecahkan.

1. Kapal Ekspedisi Franklin yang Hilang

Hasil gambar untuk kapal sir franklin

Pada tahun 1845, penjelajah Inggris Sir John Franklin berangkat ke Kutub Utara Kanada untuk menjelajahi bagian barat laut yang terkenal. Perjalanan itu menarik perhatian banyak media. Namun setelah memasuki Kutub Utara, ekspedisi tidak pernah terdengar lagi. Dua kapal dan 129 pria menghilang begitu saja ke perairan yang belum dipetakan. Selama bertahun-tahun, beberapa petunjuk mengisyaratkan nasib menakutkan ekspedisi itu. Pada September 2014, Perdana Menteri Stephen Harper mengumumkan bahwa salah satu kapal telah ditemukan. Bangkai kapal itu, berada di bawah laut Parks Canada.

2. Gajah-gajah Perang Kecil di Mesir

Hasil gambar untuk gajah kecil perang mesir

Pada tahun 217 SM, Firaun Ptolemeus IV dari Mesir mendeklarasikan perang melawan penguasa Seleucid, Antiokhus III. Kedua pasukan bertemu dalam Pertempuran Raphia, di tempat yang sekarang bernama Gaza, pada bulan Juli tahun itu. Kedua belah pihak mengerahkan senjata yang menakutkan — gajah perang. Sejarawan Yunani Polybius menggambarkan bagaimana para gajah berusaha saling menanduk. Menurut Polybius, hanya beberapa gajah yang memasuki pertempuran. Sebagian besar panik saat melihat gajah India Antiochus yang lebih besar. Detail terakhir ini membuat banyak sejarawan menggaruk-garuk kepala, karena gajah Antiochus sebenarnya jauh lebih kecil daripada gajah Afrika. Namun, penelitian baru di Eritrea berhasil memecahkan misteri itu — Polybius salah. Gajah Eritrea yang hampir punah hari ini mengungkapkan bahwa mereka adalah gajah sabana — paling besar hari ini. Polybius, yang tidak ikut pertempuran, kemungkinan mendengar mitos tentang satwa liar raksasa dari India dan berasumsi itulah gajah raksasa yang ia lihat.

Baca juga  Hantu Legenda yang Ada di Indonesia, Serem Parah!

3. Sisi Gelap Bulan

Hasil gambar untuk darkside of the moon

Pada tahun 1959, pesawat ruang angkasa Soviet Luna 3 mengambil foto pertama sisi gelap misterius Bulan. Yang mengejutkan, permukaan bulan yang sebelumnya tidak terlihat, berisi daerah gelap besar yang dikenal sebagai bulan maria. Faktanya, maria hanya membentuk sekitar 2 persen dari sisi gelap Bulan, dan sebuah misteri pun lahir : Mengapa sisi gelap Bulan berbeda dari sisi yang kita lihat? Mengapa keraknya begitu tebal? Pertanyaan itu tetap tidak terjawab selama lebih dari 50 tahun, tetapi astrofisikawan Jason Wright mengklaim telah memecahkan kasus ini. Ada teori yang menyebut bahwa Bulan terbentuk dari puing-puing yang berserakan ketika benda seukuran Mars bertabrakan dengan Bumi. Tabrakan juga menghasilkan panas yang sangat besar. Karena jauh lebih kecil dari Bumi, Bulan lebih cepat menjadi dingin — tetapi sisi Bulan yang menghadap Bumi akan dihangatkan oleh panas yang memancar keluar dari planet yang meleleh. Proses pendinginan yang lebih cepat di sisi jauh Bulan menciptakan kerak tebal yang mencegah lava mencapai permukaan.

Baca juga  5 Karakter Guru Tercantik yang ada di Anime

4. Catatan Misterius Dalam Salinan Odyssey karya Homer

Hasil gambar untuk note odyssey by homer

Selama lebih dari 150 tahun, serangkaian catatan misterius dalam salinan kuno Odyssey karya Homer membuat para sarjana bingung. Anotasi tulisan tangan dalam bahasa yang tidak dikenal, tertulis di seluruh margin naskah berusia 500 tahun. Meskipun sejarawan cukup yakin catatan itu dibuat pada pertengahan abad ke-19, tidak ada hal lain yang diketahui. Kolektor M.C. Lang menawarkan hadiah $ 1.000 untuk siapa saja yang dapat memecahkan kode teks dalam naskah itu. Para cryptographers amatir dari seluruh dunia bergegas untuk memecahkan kasus ini. Hadiah itu dimenangkan oleh orang Italia bernama Daniele Metilli dan Giula Accetta, yang mengungkapkan catatan itu dibuat dalam bentuk tulisan singkat yang diciptakan oleh Jean Coulon de Thevenot pada abad ke-18. Teks yang diterjemahkan itu dalam bahasa Prancis yang merupakan terjemahan amatir dari teks Yunani “Odyssey.”

Baca juga  Kesurupan Masal Terjadi di Sekolah ini!

5. Paus Samudra

Lima puluh tahun yang lalu, kapal selam mendeteksi suara aneh yang bergema di Samudra Selatan. Mereka yang mendengarnya berpikir suara itu terdengar seperti bebek. Namun, tentu saja ini tidak mungkin, karena bebek hampir tidak pernah menjelajah ke tengah laut. Selama bertahun-tahun, banyak laporan lain muncul. Beberapa berspekulasi bahwa kebisingan itu disebabkan oleh kapal; yang lain curiga kawanan ikan. Satu-satunya informasi yang pasti adalah bahwa suara itu hanya dilaporkan di Samudra Selatan selama musim dingin dan musim semi. Tetapi awal tahun ini, para peneliti akhirnya menemukan bahwa suara itu berasal dari paus minke Antartika.

Itu dia 5 Misteri dunia yang berhasil terpecahkan.

(Visited 70 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.