Mon. Dec 9th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Fakta Menarik 5G, Si 10x Lebih Cepat Dari 4G

2 min read
Sharing is Caring

Kopi17an – Saat ini teknologi 4G memang secara umum masih yang paling cepat, namun seiring berjalannya waktu koneksi 4G lambat laun akan digantikan oleh koneksi 5G yang saat ini telah dikembangkan dan diuji coba di berbagai negara. Teknologi ini digadang-gadang akan menjadi koneksi yang 10x lebih cepat dari teknologi 4G. Nah, berikut adalah 5 fakta seputar teknologi 5G :

1. Lebih Cepat Dan Tidak Ada Namanya Lemot

5G membuat data seluler 10x lebih cepat dari kecepatan saat ini. Ini berarti kita dapat menonton dan berbagi video dengan kualitas yang lebih baik yaitu 4K. Kecepatannya juga meningkatkan penggunaan layanan cloud. Berdasarkan perbandingan internasional, Finlandia menggunakan data seluler terbanyak per orang di dunia. Misalnya, dalam suatu jaringan setiap pengguna menggunakan kira-kira satu gigabyte per hari, dan jumlahnya terus bertambah. 5G mengalikan kapasitas jaringan, yang memungkinkan peningkatan kuat dalam jumlah data tanpa risiko kepadatan jaringan di masa depan.

Baca juga  Microsoft Edge Bakal Angkat Tracking Prevention Tool untuk Update Kedepannya

2. Sudah Diteliti Sejak Lama

Terlepas dari kenyataan bahwa jaringan 4G LTE hanya mendapatkan penggunaan luas dalam beberapa tahun terakhir, 5G telah diteliti sejak setidaknya 2008. Saat itulah NASA mulai mempelajari teknologi 5G. Pada 2013, Israel dan India sepakat untuk bermitra membawa teknologi 5G ke negara mereka, dan raksasa telekomunikasi China, Huawei mulai mendanai penelitian teknologi tersebut.

3. Akan Tersedia Secara Luas Sekitar Tahun 2020

Verizon mengumumkan pada bulan April 2019 bahwa mereka akan meluncurkan layanan nirkabel 5G di dua kota Amerika Serikat, yaitu Chicago dan Minneapolis. CEO Verizon Hans Vestberg mengatakan kepada CNBC bahwa mereka akan mengaktifkan 30 pasar tambahan tahun ini. AT&T juga mengumumkan layanan 5G + pada bulan Desember 2018, tetapi hanya bekerja pada hotspot seluler di beberapa kota. Jaringan barunya, 5G +, masih berjalan pada kecepatan 4G untuk saat ini. T-Mobile dan Sprint juga berencana untuk meluncurkan 5G akhir tahun ini. Jadi pada tahun 2020 seharusnya sudah cukup banyak tersedia secara luas jaringan 5G.

Baca juga  6 Fakta Bola Kristal Pertemuan Trump, Presiden Mesir dan Arab Saudi

4. 5G Akan Menambah Jaringan Nirkabel Saat Ini Tanpa Menggantikan Jaringan Nirkabel Sebelumnya

Gelombang submillimeter dan milimeter frekuensi tinggi yang digunakan oleh 5G akan mentransmisikan berdampingan dengan jaringan nirkabel 3G dan 4G saat ini. Ini berarti jaringan nirkabel saat ini akan sangat diperluas dengan penambahan 5G tanpa menggantikan jaringan nirkabel 3G dan 4G.

5. 5G Membutuhkan Ratusan Ribu Menara Kecil

Dengan teknologi 3G dan 4G yang ada, kita tidak perlu berada dalam jarak dekat dengan menara seluler untuk mendapatkan koneksi. Kita mungkin berada 50 mil jauhnya dan masih dapat terhubung. Tidak demikian untuk 5G. BTS 5G – disebut “menara kecil” biasanya perlu berjarak 250-300 meter terpisah agar bisa tetap terhubung. Itu berarti bahwa menara sel kecil ini akan segera menyelimuti setiap lingkungan, yang mengarah ke peningkatan radiasi frekuensi radio yang terlalu dramatis untuk diukur.

Baca juga  5 Channel YouTube Animasi Asli Indonesia

CTIA, asosiasi perdagangan industri nirkabel, memperkirakan bahwa akan ada 800.000 menara dan sel kecil di AS pada tahun 2026. Karena ukurannya, reseptor sel ini dipasang pada apa saja mulai dari lampu jalan ke trashcans hingga tiang listrik.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.