Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah 5 Organisasi Hacker yang Terkenal di Dunia

3 min read
Sharing is Caring

Sosok Putra Aji pasti masih terdengar segar dipikiran kalian kan. Beberapa bulan lalu, dirinya yang masih duduk di bangku SMP menjadi sorotan, karena kemampuannya yang berhasil membobol sistem NASA dan sistem keamanan pemerintah. Dengan kemampuan yang sudah setara dengan seorang hacker profesional, tidak membuatnya lupadiri. Dia lebih memilih untuk menjadi bug hunter daripada mencuri data-data.

Ini mengikatkan kita kembali akan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seorang hacker, dengan mudah merentas sistem keamanan apapun. Beberapa orang yang tertarik dengan dunia hacking, bahkan membuat kelompoknya sendiri. Sertiap kelompok hacker ini mempunyai tujuannya masing-masing. Ada yang memiliki tujuan positif, bahkan negatif.

Berikut 5 Organisasi Hacker paling melegenda di dunia.

1. Chaos Computer Club (CCC)

Hasil gambar untuk Chaos computer club hacker

Sebuah organisasi hacker yang didirikan pada tanggal 12 September 1981 di Berlin, Jerman. Chaos Computer Club menjadi populer dan menjadi pusat perhatian dunia karena telah berhasil membobol jaringan komputer German Bildschirmtext dan juga berhasil mencuri sejumlah uang senilai 134.000 Deutsch Marks dari Hamburg Bank.

Beberapa anggota ini pernah terlibat dalam kasus cyberespionage pada tahun 1989 di Amerika. Mereka menyusup dan mencuri data dari sistem komputer perusahaan dan pemerintahan AS, lalu kemudian menjual source code kepada komite Gosudarstvennoy Bezopasnosti. Selain mencuri data, grup ini juga pernah menggunakan kemampuan hacking mereka untuk memprotes pengujian nuklir Prancis, untuk mempublikasikan sidik jari Menteri Dalam Negeri Jerman, Wolfgang Schäuble, dan untuk mengekspos perangkat spyware Trojan horse Pemerintah.

Baca juga  Desa ini Memiliki Keunikan Beda dari yang Lain!

2. Global kOS

Hasil gambar untuk global kos hacker

Global kOS didirikan pada tahun 1996 yang terdiri dari beberapa anggota pegangan seperti, AcidAngelAssassin, dan juga Shadow Hunter

Global kOS yang dapat diartikan sebagai “kekacauan dunia” memang bertujuan untuk membuat kekacauan dalam dunia online. Grup ini memperingatkan pertanggung jawaban atas banyaknya alat-alat hacker otomatis yang ada di komunitas online, yaitu sebuah kode yang dapat dijalankan dengan mudah tanpa perlu pengetahuan teknikal dan penyerangan dapat dengan mudah dilakukan.

3. GlobalHell

Hasil gambar untuk GlobalHell

GlobalHell sendiri bisa dikatakan sebagai premannya dunia maya. Kelompok hacker ini tercatat, telah menyerang dan menghancurkan data pada 115 situs berbeda, dan menyebabkan kerugian hingga jutaan dollar. Selain itu mereka juga menjual informasi yang mereka peroleh terhadap perusahaan atau orang-orang tertentu.

Baca juga  Karakter Anime Cantik ini Bisa kalian jadikan Waifu!

Chad Davis selaku Co-Founder grup hacker ini akhirnya telah ditangkap dan diberi hukuman 6 bulan penjara, serta dikenakan denda sebesar$ 8.054 pada tahun 1999. Dia berhasil membayar denda tersebut ketika ia mulai bekerja sebagai konsultan keamanan independen.

4. The Level Seven Crew

Hasil gambar untuk the level seven crew

Nama kelompok yang dipercaya diambil dari nama neraka tingkat ke 7 yang berasal dari sebuah syair, Dante Alighieri, “The Inferno.” Mungkin tahun 1999 adalah awal kelompok hacker ini berjaya. Karena hanya ada pata tahun itu, The Level Seven Crew berhasil ke lebih 60 sistem komputer secara illegal. Bahkan diantaranya adalah termasuk dari NASAThe First American National Bank dan Hotel Sheraton. Selain itu, mereka juga membobol ke website Kedutaan Besar Amerika di China dan merusaknya dengan kata-kata rasis untuk memprotes Amerika Serikat.

Tidak seperti namanya yang seram, sebenarnya tujuan kelompok ini termasuk baik. Karena kebanyakan, tindakan mereka cenderung ke arah “Hacktivism” atau mereka bertindak bukan untuk kepentingan individu melainkan untuk kepentingan dan kebaikan bersama. Bisa dibilang melakukan kegiatan aktivis dalam dunia maya. Namun sayang, kelompok ini telah dibubarkan pada tahun 2000.

Baca juga  Jangan Tiru Gaya Hijab ini di Tahun 2019 Kalau Gak Ingin Ketinggalan Zaman, Terutama No 2

5. Anonymous

Hasil gambar untuk anonymous

Siapa yang tidak tahu dengan grup hacker yang satu ini. Bisa dibilang Anonymous, merupakan tempat berkumpulnya para hacker dari seluruh dunia, entah itu pemula maupun hacker profesional sekalipun. Bahkan pada tahun 2012 sendiri, jumlah anggotanya sendiri tercatat mencapai, kurang lebih 5.635 orang dari seluruh berbagai penjuru negara.

Grup dengan ciri bertopeng Guy Fawkers ini, telah menunjukan kehebatan mereka dalam membobol beberapa situs digital. Beberapa diantaranya adalah, situs milik FBI, Departemen Pertahanan, MasterCard, Visa, Sony Playstation Network, Motion Picture Association Of Amerika Serikat, Universal Music Group, dan masih banyak lagi. Apalagi mereka berani menantang dan mengancam Pentagon, Facebook, serta kelompok sidikat narkoba Meksiko, Los Zetas.

Itu dia beberapa organisasi hacker yang melegenda di dunia.

(Visited 65 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.